PKL Dipindah Ke Eks Kawedanan Tumpang

Senin, 5 September 2011 - 08:37 WIB • Dibaca 227 kali

TERBENGKALAI - Area Eks Kawedanan Tumpang yang tak digunakan. Rencananya, lokasi seluas 0.5 hektar ini akan digunakan sebagai tempat penampungan PKL Pasar Tumpang. Foto: malang post

TUMPANG, MALANGRAYA.info – Kondisi areal eks kawedanan Tumpang yang cukup memprihatinkan, membuat pemerintah kabupaten akan segera mengalih-gunakan fungsi lahan tersebut. Adalah untuk rencana penampungan sementara pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tumpang, yang akan dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Malang.

Baca Juga

Rencana itu sengaja diajukan ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA), untuk memudahkan rencana persiapan pengembangan Pasar Tumpang. Dengan dialihkan sejumlah PKL di lokasi yang memiliki luas lahan hampir 0,5 hektare itu, diharapkan saat pelaksanaan pengerjaan tidak mengganggu jalannya pembangunan pasar.

“Seiring adanya rencana pengembangan pasar, Dinas Perisdustrian tengah meminta izin sementara pemakaian lahan ke DPPKA. Kalau izin itu dipenuhi, secara otomatis untuk sementara lahan akan digunakan sebagai penampungan PKL Pasar Tumpang," kata Camat Tumpang, Suwadji.

Terkait dengan rencana itu, Suwadji menjelaskan pihak kecamatan secepatnya akan melakukan sosialisasi ke sejumlah pedagang dan beberapa pihak terkait. Karenanya, kapan kepastian rencana pembangunan atau pengembangan pasar, masih akan ditunggu konsep atau pola yang akan dilakukan kedepannya.

“Yang pasti, dari Dinas Perindustrian sudah mengawali sosialisasi dengan pedagang. Jika pengembangan benar dilakukan, sosialisasi lanjutan akan dilakukan kecamatan. Sehingga, saat pelaksanaan bisa berjalan mulus dan pihak yang terlibat di dalam pasar bisa memahami dengan pengembangan itu," ujar mantan Camat Kalipare ini.

Cukup luasnya lahan eks kawedanan itu, menjadi salah satu alasan mengenai rencana peminjaman lahan. Karena dengan memanfaatkan lokasi yang sebagian lahannya dipakai untuk lokasi parkir sementara kendaraan itu, diharapkan saat pelaksanaan areal parkir bisa pindah sementara pula. Sehingga, PKL bisa sepenuhnya memanfaatkan lokasi eks kawedanan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs