Pemudik Padati Terminal Arjosari

Minggu, 4 September 2011 - 08:20 WIB • Dibaca 243 kali

TERMINAL ARJOSARI - Foto: malang post

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Arus balik memuncak di Stasiun KA Kota Baru dan Terminal Arjosari, kemarin. Puncak arus balik diprediski masih terjadi pada Minggu (4/9) hari ini, terutama di Terminal Arjosari. Koordinator Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Terminal Arjosari, Agus Rustandi mengatakan, puncak arus balik pemudik sepanjang hari kemarin itu terjadi pada bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Baca Juga

"Penumpang bus AKAP hari ini (kemarin, Red) mencapai 1.700 orang. Sehari sebelumnya hanya sekitar 1.000 penumpang AKAP," jelas Agus. Penumpang sebanyak itu didominasi penumpang tujuan Jakarta dan berbagai kota di Jawa Barat serta Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Jumlah bus AKAP yang beroperasi sepanjang hari kemarin sebanyak 24 bus. Pada hari-hari biasa, jumlah bus AKAP yang beropersi hanya sebanyak 12 bus saja.

Lebih lanjut Agus mengatakan, puncak arus balik pemudik di Terminal Arjosari masih terjadi pada hari ini. Yakni khusus penumpang tujuan Surabaya dan berbagai kota di Jawa Timur.

Jika bus yang berangkat dari Terminal Arjosari lancar, tidak demikian dengan bus yang datang dari Surabaya. Karena kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas di berbagai jalur dari Surabaya menuju Malang, bus dari Surabaya terlambat tiba di Terminal Arjosari.

Keterlambatan bus yang tiba di Terminal Arjosari kemarin mencapai 20 menit. Akibatnya penumpang terpaksa menunggu.

Pemudik yang akan balik ke arah Jakarta dan Jawa Barat harus sabar menunggu. Ini karena tiket bus ke dua arah tersebut umumnya sudah habis terjual sejak 2 September lalu sampai keberangkatan 6 September mendatang.

Bus Pahala Kencana tujuan Jakarta dan Bandung misalnya, tiket sudah habis terjual sejak tanggal 2 sampai 6 September. Padahal PO Bus Pahala Kencana sudah mengoperasikan tujuh bus berkapasitas 32 penumpang.

"Kalau hari-hari normal, biasanya hanya memberangkatkan empat bus tujuan Jakarta dan Bandung," jelas petugas bagian tiket PO Pahala Kencana, Abu Hari.

Kepadatan penumpang juga tampak pada bus jurusan Bali. Bus Al Mubarok misalnya, kemarin memberangkatkan tiba bus berkapasitas 36 tempat duduk dalam kondisi penuh penumpang. Padahal dihari normal, hanya memberangkatkan satu sampai dua bus.

"Tanggal pemberangkatan pada 4 September juga sudah penuh. Untuk 5 September sudah mulai dipesan dan tinggal enam tempat duduk saja," jelas petugas bagian tiket PO Al Mubarok, Salam.

Sedang kepadatan arus lalulintas juga kian terasa. Bahkan perhitungan Pos Lantas Karanglo-Singosari, permenit sudah lebih dari 50 kendaraan lewat.

"Hari ini (kemarin, Red.) angka peningkatan arus balik terus naik," kata Kapos Lantas Karanglo-Singosari, Aiptu Subur Pariyanto.

Guna mengantisipasi kemacetan jalan, urai Subur, pemecahan titik-titik yang dianggap rawan atau biasa terjadi kemacetan bakal diberlakukan satu jalur. Dengan kata lain, pengendara yang biasa menggunakan utan atau median jalan untuk berbalik arah, akan di satu jalurkan.

"Dengan cara ini mudah-mudahan kemacetan jalan bisa teratasi. Mengingat, cukup padatnya kendaraan, membuat arus balik menjadi berjalan lambat," ungkap Subur.

Hingga kemarin, arus balik tidak hanya didominasi kendaraan pribadi roda empat. Namun seperti beberapa pengendara sepeda motor, juga sangat banyak melintas di pertigaan Karanglo-Singosari. Begitu juga dengan kendaraan yang melintas, tidak hanya banyak yang keluar dari wilayah Malang dan Kota Batu. Namun dari arah Utara atau Lawang, kendaraan juga cukup banyak yang masuk ke Malang Raya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs