F-PKB Inginkan Database Tempat Ibadah

Minggu, 4 September 2011 - 08:07 WIB • Dibaca 143 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) meminta agar Pemkab Malang menyusun database tempat ibadah. Database diperlukan supaya mekanisme penyaluran bantuan tempat ibadah berjalan lebih baik. Selama ini penyaluran bantuan tersebut hanya berbasis pengajuan proposal saja.

Baca Juga

Miskari anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa mengkritisi mekanisme pengajuan bantuan tempat ibadah itu. Menurutnya, lebih baik pola pemberian bantuan diganti dengan pola yang lebih baik. Salah satunya adalah Pemkab Malang segera menyusun database tempat ibadah.

"Pemkab harus melakukan pendataan tempat ibadah di Kabupaten Malang, kondisinya yang baik, sedang, rusak hingga rusak berat, lalu itu yang diajukan acuan pemberian bantuan," jelasnya.

Dengan adanya pendataan itu maka data tempat ibadah yang rusak di sejumlah kecamatan bisa diketahui. Misalnya di kecamatan A ada sekian tempat ibadah dalam kondisi rusak berat. Nantinya, data itu menjadi acuan dan skala prioritas pemberian bantuan tempat ibadah.

"Selama ini Pemkab hanya tahu jumlahnya, namun tidak tahu data kerusakan secara pasti di lapangan," katanya.

Kalau berbasis proposal, kata Miskari tidak semua pengelola tempat ibadah bisa menyusun proposal. Terlebih lagi tidak semua pengurus tempat ibadah tahu mengenai prosedur tersebut. Akan tetapi, bila ada database, maka nantinya pemberian bantuan akan lebih adil dan terarah.

"Penyusunan database bisa bekerjasama dengan pengurus Masjid, ada juga Badan Pengurus Masjid, atau dengan PC NU misalnya," saran Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Malang itu.

Sebelumnya, Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang meminta Pemkab cermat dalam memberikan bantuan untuk masjid. Saat ini belum seluruh masjid di Kabupaten Malang mendapatkan bantuan yang dikelola Bagian Bagian Bina Mental dan Kerohanian (Bintal dan Kerohanian) Pemkab Malang itu. Diharapkan akses pengajuan untuk memperoleh dana tersebut tidak terlalu sulit.

Hal itu dibeberkan oleh Sekretaris PCNU Kabupaten Malang Drs H. Abdul Mujib Syadzili, Msi, kemarin. Program itu sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Malang yakni untuk sisi agamis. Mujib mengakui bahwa pengelola masjid masih ada sumber daya manusia yang masih lemah.

"Jangan sampai proses administrasinya jlimet," tegas Mujib.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs