Box IPAL Dikeluhkan Warga

Minggu, 4 September 2011 - 08:01 WIB • Dibaca 157 kali

Foto: malang post

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Box-box beton instalasi pengolahan limbah (Ipal) di sepanjang Jalan Danau Limboto Barat Perumahan Sawojajar Kota Malang dikeluhkan warga sekitarnya. Box-box beton yang belum selesai dipasang itu ditinggalkan di pinggir Jalan Danau Limboto Barat. Karena ukurannya cukup besar, box beton itu dianggap mengganggu pengguna jalan.

Baca Juga

Menurut Yusuf, salah satu warga Jalan Danau Limboto Barat Sawojajar Malang, box-box beton yang dikerjakan sebelum lebaran lalu dianggap mengganggu jalan para pengguna jalan yang melintas di Jalan Danau Limboto Barat. Box beton itu nantinya ditanam di bawah tanah sebagai bak kontrol Ipal yang tengah dibangun Pemkot Malang. Saat lebaran, pembangunan proyek itu berhenti dan akan dilanjutkan usai lebaran.

“Kalau memang belum selesai, mestinya box-box beton itu ditempatkan di lahan yang tidak mengganggu jalan para pengguna jalan. Tidak ditempatkan dipinggir jalan yang dapat warga dan pengguna jalan lainnya," kata Yusuf kepada Malang Post, kemarin.

Meski belum selesai, galian tanah untuk pemasangan pipa Ipal sudah di aspal dan box-box beton sebagai bak kontrol Ipal yang berasal dari rumah tangga sudah dipasang di bawah tanah di aspal kembali. Tapi, sebagian box beton masih berada di atas jalan.Pemasangan pipa Ipal masih berada di blok A-4 dan rencananya akan berlanjut ke blok A-5 Jalan Danau Limboto Barat.

“Rencananya memang akan sampai pada blok A-5. Pembangunannya saat ini masih berada di blok A-4 sampai di perempatan," ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan warga lainnya. Bukan hanya box beton yang mengganggu jalan saja yang dikeluhkan, aspal jalan yang menutupi galian Ipal pun dikeluhkan. Belum lama diaspal, sebagian jalan bekas galian ambles. Bak control dari box beton pun ikut ambles sebagian.

“Diaspal sebelum lebaran lalu. Kalau ambles seperti ini bisa-bisa yang lainnya juga akan ikut ambles juga. Harusnya ada pengawasan yang lebih baik lagi untuk mengawasi proyek pemerintah ini," ujar warga Jalan Danau Limboto Barat lainnya.

Aspal yang sebagian ambles berada di depan salah satu warga blok A-4. Karena sudah diaspal kembali, warga menilai penggalian tanah untuk pemasangan pipa Ipal sudah selesai. Tapi, di atas jalan masih ada beberapa bak kontrol yang terbuat dari beton yang belum terpasang.

“Karena masih dalam pengerjaanya, aspal yang ambles itu harusnya diperbaiki lagi. Jangan dibiarkan begitu saja. Bisa mengganggu warga dan pengguna jalan," ujarnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs