Pengunjung Pantai Balekambang Naik 30 Persen

Sabtu, 3 September 2011 - 21:34 WIB • Dibaca 202 kali

Foto: beritajatim.com

BANTUR, MALANGRAYA.info – Libur lebaran membawa berkah bagi para pedagang di Pantai Wisata Balekambang, Kabupaten Malang. Data yang dihimpun beritajatim.com, Sabtu (3/9/2011) hari ini, sedikitnya 20.000 lebih wisatawan memadati pantai yang berada di pesisir Malang Selatan itu.

Baca Juga

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pantai Balekambang, Sunardi pada wartawan hari ini mengatakan, sedikitnya lebih dari 20.000 wisatawan sudah datang sejak pagi hingga sore tadi. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak UPT Balekambang sudah menyiapkan sejumlah Tim SAR.

Tugas mereka, dibagi menjadi beberapa regu. Fungsinya adalah, untuk mengawasi pengunjung agar tidak terlalu mendekati batas garis pantai yang sudah ditetapkan. “Ada batas garis pantai yang harus dijauhi pengunjung. Dibatas itu, kita beri bendera warna merah. Termasuk menambah personel aparat keamanan dari TNI dan Polri” terangnya.

Sunardi mengatakan, Pantai Balekambang punya karakteristik debur ombak sangat ganas. Dengan keeksotikannya itulah, banyak wisatawan sengaja datang untuk sekedar mengisi libur lebaran. Jika pengunjung tidak mematuhi tata tertib selama berada diareal pantai, bisa berbahaya bagi keselamatan.

Mengingat, debur ombak balekambang cukup besar. “Kami meminta pengunjung tidak berenang kelaut. Mengingat, ombak sewaktu-waktu bisa datang dengan gelombang besarnya,” paparnya.

Sekedar diketahui, Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tempat pantai ini berada ke arah selatan dari pusat Kota Malang dengan jarak sekira 70 kilometer. Tempat favorit balekambang adalah, terdapat pulau-pulau kecil tempat umat Hindu bersembahyang serta melakukan serangkaian ritualnya.

Selain pulau dengan pura-pura kecilnya yang menjorok ke laut, garis pantai selatan ini memanjang dengan pasir putihnya. Banyaknya pohon peredu dipinggir pantai, membuat balekambang menjadi rujukan keluarga untuk mengisi liburan. Tiket masuk pun cukup murah. Hanya Rp.5.000 per kepala.

Balekambang jadi incaran wisatawan domestik dari Malang Raya dan Kota-Kota disekitarnya karena suasana alam pantainya masih alami. Pengunjung, akan disuguhi debur ombak besar ciri khas pantai selatan. Hanya saja, jangan teledor dan berenang jauh ke pinggir laut. Selain berbahaya, karakteristik ombak balekambang dengan arus bawahnya bisa menyeret pengunjung jika nekat berenang di laut. “Kami memprediksi besok masih akan terjadi luberan pengunjung. Peningkatannya untuk hari ini dan besok, bisa sampai 30 persen lebih,” tambah Sunardi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs