Puncak Arus Balik Diprediksi Hari Ini

Sabtu, 3 September 2011 - 08:04 WIB • Dibaca 91 kali

ILUSTRASI - Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Arus balik pemudik yang menggunakan kereta api (KA) mulai tampak di Stasiun KA Kota Baru sejak kemarin. Sabtu (3/9) hari ini diprediksi puncak arus balik pemudik ke kawasan barat Jawa, seperti Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga

Tanda-tanda puncak arus balik pemudik tampak pada semua KA yang diberangkatkan ke Jakarta kemarin. Selain itu juga telihat pada tiket KA Gajayana Reguler tujuan Stasiun Gambir, Jakarta yang sudah habis terjual hingga 7 September, pekan depan.

Wakil Kepala Stasiun KA Kota Baru, Nanang Eko Wahyudi menjelaskan, sepanjang hari kemarin, empat KA tujuan Jakarta membawa penumpang dalam kapasitas maksimal. KA Gajayana Reguler misalnya, membawa delapan kereta penumpang dengan kapasitas masing-masing kereta 50 penumpang.

Begitu juga KA Gajayana Lebaran, kemarin diberangkatkan menuju Stasiun Gambir dengan tujuh kereta berkapasitas masing-masing kereta 50 penumpang.

Sedangkan KA Matarmaja Lebaran tujuan Stasiun Pasar Senen membawa delapan kereta dengan total penumpang 1.200 orang. Kondisi yang sama juga terjadi pada KA Matarmaja Reguler.
"Hari ini (kemarin, Red.) sudah mulai memasuki puncak arus balik. Puncaknya akan terasa pada Sabtu (hari ini)," jelas Nanang.

Puncak arus balik para pemudik terjadi pada besok karena Sabtu merupakan hari terakhir liburan Lebaran. Jika berangkat dari Malang Sabtu, maka tiba di Jakarta pada Minggu. Lalu keesokan harinya, Senin mulai bekerja seperti biasa.

Hal yang sama juga tampak pada penumpang KA jurusan berbagai kota di Jawa Timur. KA Penataran tujuan, Malang-Blitar dan Surabaya misalnya, kemarin berangkat dengan kondisi penuh. Bahkan penumpang sesaki kereta ekonomi tersebut.

Memuncaknya arus balik pemudik ini membuat petugas Stasiun KA Kota Baru dan Polisi meningkatkan kewaspadaan. Kemarin aparat gabungan, terdiri dari petugas KA, Polri, TNI dan CPM melakukan pemeriksaan semua penumpang kereta.

Pemeriksaan penumpang lebih difokuskan pada tiket. Petugas gabungan memeriksa penumpang disemua gerbong secara teliti.

Sementara itu, arus balik kendaraan yang melintasi jalur pertigaan Karanglo-Singosari, mulai mencapai puncaknya, Jumat kemarin. Dari data yang dikeluarkan Pos Lantas Karanglo, sedikitnya 45-50kendaraan permenit, yang melintas di jalur utama Malang Raya melalui poros Utara.

Kenaikan yang cukup tinggi itu, naik sekitar 10 persen dari sehari sebelumnya atau pada Kamis lalu. Mulai tingginya arus kendaraan, kontan membuat petugas pun seolah harus kerja ekstra keras. Asalahnya, dalam mengatasi kemacetan akibat arus kendaraan, tidak sedikit petugas tambahan dari Sabhara Polres Malang, juga diterjunkan di sepanjang jalan dari Lawang hingga Singosari.

Tidak hanya penambahan personil yang dilakukan petugas kepolisian Polres Malang, dalam mengatasi kemacetan lalu lintas (Lalin). Namun seperti lokasi-lokasi tikungan atau utan, pun diperpendek petugas dengan memberikan halang rintang berupa tali raffia. Dengan begitu, lokasi-lokasi yang biasa menjadi pusat kemacetan Lalin, bisa terpecahkan dan kendaraan harus memutar terpusat di satu jalur.

"Kepadatan arus Lalin mulai meninggi dibandingkan sehari sebelumnya. Tercatat, sekitar 45 – 50 kendaraan, yang melintas sejak pagi hingga siang ini. Karenanya, anggota pun harus di lapangan selama seharian ini," kata Kapos Lantas Karanglo, Aiptu Subur Pariyanto.

Ditambahkan, cukup padatnya arus Lalin, tidak terlepas dari kendaraan roda dua yang cukup mendominasi jalan. Namun, kendaraan-kendaraan pribadi pun juga sangat banyak yang melintas. Kondisi itu, masih ditambah dengan kendaraan angkutan umum seperti bus dan minibus.

"Baik yang sudah mulai meninggalkan Malang Raya dan mulai masuk ke wilayah Malang, rata-rata seimbang. Karenanya, hampir bergantian kemacetan arus kendaraan akibat harus berjalan pelan," ungkapnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs