Jelang Lebaran

Tarif Hotel Melonjak Hingga 100 Persen

Selasa, 30 Agustus 2011 - 11:35 WIB • Dibaca 244 kali

ILUSTRASI - Foto: tribunnews.com

BATU, MALANGRAYA.info – Libur lebaran selalu menjadi masa panen bagi setiap hotel, terutama yang berada di kawasan wisata. Di Kota Batu dan Kota Malang misalnya, tingkat okupansi diyakini mencapai 100%. Tingginya okupansi ini membawa konsekuensi, yakni tariff hotel yang melambung tinggi hingga mencapai 100%.

Baca Juga

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Malang, Herman S mengatakan, tingkat okupansi mencapai puncaknya saat hari H lebaran dan H+1. “Puncaknya ya saat tanggal merah itu, biasanya hingga menolak tamu karena sudah tidak menampung lagi di hotel," kata Herman, Minggu (27/8).

Pengelola hotel pun memanfaatkan momen ini dengan menaikkan tariff kamar hotel. Menurut Herman, kenaikan tariff variatif tergantung kebijakan masing-masing. Ada yang hanya menaikkan 20% saja, ada juga sampai tembus 100% disbanding tariff saat week day.

“Meski naik tinggi, pengunjung tidak mempersoalkannya. Apalagi di rumah kan mereka banyak yang ditinggal pembantu rumah tangga mudik atau sekalian libur. Ini juga menjadi salah satu masa panen kami," tandas Herman. Jumlah hotel di Kota Malang yang menjadi anggota PHRI sebanyak lebih dari 50 hotel mulai dari kelas melati hingga berbintang.

Hal senada dikatakan oleh Ketua PHRI Kota Batu, Uddy Syaifudin. Menurutnya, momen lebaran selalu menjadi masa mereguk keuntungan bagi para pengelola hotel. “Hitung-hitung sebagai pengganti okupansi yang sepi saat masih ramadhan," tandas Uddy.

Di Kota Batu, sambung Uddy, terdapat sebanyak 55 hotel mulai kelas melati hingga berbintang. Sebagian diantaranya ada yang menaikkan hingga 50%, tapi ada juga yang memilih tidak menaikkan tariff.

“Tarif saat week day dan week end saja sudah berbeda, apalagi kalau long week end. Setiap tahun momen lebaran selalu menjadi masa panen kami," tukas Uddy.

Saat ini sudah banyak pemesanan kamar hotel untuk masa libur panjang ini. Tingkat okupansi hotel di Kota Batu sendiri mencapai 100% terhitung mulai H+1 hingga H+4 lebaran.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
phri malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs