Masjid Agung Kota Malang Ikuti Hasil Isbat

Senin, 29 Agustus 2011 - 19:52 WIB • Dibaca 227 kali

Masjid Agung Jami Kota Malang - Foto: malangkota.go.id

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Masjid Agung Jami’ Kota Malang, Jawa Timur, akan mengikuti keputusan pemerintah dalam menentukan tanggal 1 Syawal 1432 Hijriyah.

Baca Juga

Ketua Majelis Tanfidz Masjid Agung Jami’, Drs H Kamilun Muhtadin Msi, Senin mengatakan, pihaknya akan menunggu keputusan pemerintah karena sebagai penanggungjawab dalam memutuskan setiap persoalan.

“Setiap tahun kita selalu mengikuti keputusan pemerintah dalam menentukan Idul Fitri, dan mengikuti mereka adalah sebuah kewajiban sesuai dengan tuntunan nabi,” katanya.

Kamilun menegaskan, sejumlah pengurus Masjid Agung Jami’ yang terletak di Jalan Merdeka Barat No 3 Malang, akan tetap menggelar sholat tarawih malam ini sebelum ada keputusan resmi terkait Idul Fitri. “Tetap seperti biasanya, kita terawih dulu,” katanya.

Sedangkan untuk Imam sholat Idul Fitri di Masjid Agung Jami’, rencananya akan dipimpin oleh KH Imron Jamil dari Pondok Pesantren Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

“Beliau sudah kita kontak, dan siap menjadi imam dalam sholat Idul Fitri yang keputusanya masih menunggu pemerintah,” katanya.

Sebelumnya, Pengurus Nahdatul Ulama (NU) wilayah Kabupaten Malang, juga akan menunggu keputusan Sidang Isbat yang dilakukan Pengurus Besar NU (PBNU) dalam menentukan 1 Syawal 1432 Hijriyah.

Pengurus Majelis NU Cabang Kabupaten Malang, H Abdul Mujib Sadzili mengakui, tidak ingin gegabah dalam memutuskan 1 Syawal 1432, dan akan tetap menunggu hasil Sidang Isbat dari PBNU.

Mujib tidak mempersoalkan bagi saudara muslim yang melakukan perayaan Idul Fitri secara berbeda, sebab itu merupakan keyakinan masing-masing.

“Perbedaan ini menjadi rahmat bagi semua umat, dan kami tidak mempersoalkan apabila saudara muslim lainnya melakukan Idul Fitri terlebih dahulu dan berbeda dengan kami,” katanya.

Sementara itu, sebagian masjid dan mushalla di wilayah Kota Malang, malam ini juga sudah ada yang mengumandangkan takbir bersama sebagai tanda merayakan Idul Fitri, seperti yang terjadi di masjid sekitar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jalan Tlogomas 246 Kota Malang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs