Jelang Lebaran

Harga Daging Naik 15 Persen

Senin, 29 Agustus 2011 - 19:42 WIB • Dibaca 215 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Harga daging sapi di beberapa pasar tradisional di Kota Malang, Jawa Timur, dan sekitarnya rata-rata mengalami kenaikan sekitar 15 persen pada hari H-1 Lebaran, Senin.

Baca Juga

Menurut salah seorang penjual daging di Pasar Singosari, Kabupaten Malang, Arianto, kenaikan harga daging sapi tersebut dipicu oleh tradisi masyarakat yang menyambut Lebaran dengan selamatan (kenduri) di lingkungan masing-masing.

“Beberapa hari sebelumnya harga daging sapi masih stabil antara Rp58 ribu/kg sampai Rp60 ribu/kg. Tapi H-1 Lebaran sudah mencapai rp70 ribu/kg sampai Rp75 ribu/kg,” katanya.

Kondisi tersebut (kenaikan harga daging sapi) diperkirakan hingga usai masa Lebaran Ketupat. Setelah itu dipastikan stabil kembali ke harga semula Rp58 ribu/kg hingga Rp60 ribu/kg.

Sedangkan harga daging ayam potong masih stabil seharga Rp24 ribu/kg hingga Rp25 ribu/kg. Namun, beberapa hari sebelumnya hanya seharga Rp20 ribu/kg.

“Harga sekarang ini (Rp25 ribu/kg) masih lebih murah ketimbang musim Lebaran lalu (2010) yang mencapai Rp30 ribu/kg dan pada Lebaran Ketupat menembus angka Rp35 ribu/kg,” kata penjual ayam potong di Pasar Dinoyo, Sutiarni.

Sementara itu, untuk ayam kampung harganya jauh lebih mahal. Satu ekor ayam ukuran kecil (7-8 ons) rata-rata seharga Rp30 ribu/ekor dan ayam jago bisa menembus angka Rp90 ribu/ekor.

Berbeda dengan daging ayam dan sapi yang harganya terus melambung, beberapa komoditas sayuran seperti kentang, buncis, dan wortel justru turun jika dibandingkan dengan pekan lalu yang masing-masing seharga Rp8 ribu/kg (ukuran besar), Rp7 ribu/kg dan Rp6 ribu/kg.

“Kami berharap harga beberapa komoditas sayuran maupun bahan pangan lainnya bisa turun dan stabil, sehingga kami bisa berjualan dengan tenang dan tidak dikejar-kejar oleh modal yang terus menipis akibat kenaikan harga yang dipatok distributor,” ujar pedagang sayur di Pasar Dinoyo, Saudah.

Meski ada kenaikan harga daging sapi cukup signifikan, masyarakat tidak perlu khawatir karena ketersediaan komoditas tersebut masih mencukupi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
ayam potong malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs