NU Tunggu Keputusan Pemerintah

Senin, 29 Agustus 2011 - 09:49 WIB • Dibaca 125 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Pengurus Nahdatul Ulama (NU) wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, siap menunggu keputusan Sidang Isbat yang dilakukan Pengurus Besar NU (PBNU) dalam penentuan 1 Syawal 1432 Hijriah.

Pengurus Majelis NU Cabang Kabupaten Malang, H Abdul Mujib Sadzili, Minggu mengemukakan, kemungkinan jatuhnya 1 Syawal tahun ini akan berbeda. Meski demikian pihaknya tidak ingin gegabah dalam memutuskannya, dan tetap menunggu hasil sidang Isbat dari PBNU.

Baca Juga

Mujib mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pemantauan di sejumlah lokasi dalam penentuan 1 Syawal tersebut.

“Kami tetap menunggu keputusan pusat, namun juga tidak berdiam diri, artinya kami akan tetap melakukan pantauan atau biasa disebut dengan kegiatan ‘rukyatul bil fiqli’,” katanya.

Mujib tidak mempersoalkan bagi saudara muslim yang melakukan perayaan Idul Fitri secara berbeda, sebab itu merupakan keyakinan masing-masing.

“Perbedaan ini menjadi rahmat bagi semua umat, dan kami tidak mempersoalkan apabila saudara muslim lainnya melakukan Idul Fitri terlebih dahulu dan berbeda dengan kami,” ujarnya.

Mujib menjelaskan, dalam penentuan Idul Fitri terdapat dua metode, yakni “tahqiqi” atau melihat rukyat/bulan dengan hasil dibawah 1,5 derajat, serta “taghribi” dengan hasil rukyat lebih dari 3 derajat .

“Jika menggunakan metode ‘taghribi’ maka nantinya keyakinan Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 30 Agustus, sementara metode ‘tahqiqi’ dengan posisi bulan di bawah dua derajat maka Idul Fitri akan jatuh pada tanggal 31 Agustus,” paparnya.

Mujib mengharapkan, perbedaan dalam penentuan Idul Fitri jangan terlalu dibesarkan, sebab perbedaan itu pernah terjadi pada tahun 1997-1998 serta tahun 2004 dan 2007.

“Tidak perlu dibesar-besarkan masalah perbedaan ini, sebab itu memang sudah menjadi keyakinan setiap muslim, dan perbedaan itu sebagai ‘rahmatan lil alamin’,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
nu cab malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs