Saat Lebaran, Cuaca Diprediksi Cerah

Senin, 29 Agustus 2011 - 09:35 WIB • Dibaca 106 kali

KARANGPLOSO, MALANGRAYA.info – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKG) Stasiun Karangploso, Kabupaten Malang, memprediksi cuaca saat Lebaran di kawasan Malang Raya cerah.

Kepala Stasiun BMKG Karangploso, Ahmad Subekti, Minggu mengatakan, hasil analisa BMKG Karangpoloso dari 30 Agustus hingga 7 September 2011, cuaca di wilayah Malang Raya yang terdiri dari Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang cerah berawan.

Baca Juga

Hal ini didukung dengan kondisi lokal topografi wilayah Malang dan Batu yang bergunung-gunung, sehingga menyebabkan keadaan cuaca di daerah itu dan sekitarnya untuk tujuh hari ke depan diprakirakan cerah dan berawan.

Subekti menjelaskan, untuk arah angin umumnya berhembus dari timur ke Selatan dengan kecepatan 0,5 hingga 25 kilometer per jam, dan suhu udara berkisar antara 15 hingga 29 derajat celcius serta kelembapan udara berkisar antara 40 hingga 88 persen.

“Dengan analisa tersebut, maka diprakirakan cuaca akan cerah berawan dan bersahabat bagi para pemudik,” katanya.

Cuaca cerah berawan itu juga diakibatkan karena saat ini di wilayah Jawa Timur memasuki musim kemarau dengan suhu maksimal 29 derajat celcius.

Meski demikian, pihaknya meminta agar masyarakat tetap waspada, khususnya bagi warga yang bermukim di hutan, karena adanya bahaya kebakaran hutan akibat dampak kemarau di siang hari

Sebab, sebelumnya juga terjadi kebakaran ilalang sekitar sepuluh hektare di kawasan Cemoro Kandang, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Selain itu, pihaknya meminta agar masyarakat di luar wilayah Malang Raya yang akan masuk ke wilayah Malang bersiap dengan udara dingin ketika malam hari.

“Hal ini karena di malam hari sebagian wilayah Kabupaten Malang suhunya mencapai 17 derajat celcius, apalagi di Kota Batu yang wilayahnya pegunungan sehingga suhunya bisa mencapai 15 derajat celcius,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs