Posko Pengaduan THR

Pengusaha Kota Malang Taat Bayar THR

Minggu, 28 Agustus 2011 - 19:37 WIB • Dibaca 204 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Para pengusaha di wilayah Kota Malang dinilai taat untuk membayar tunjangan hari raya (THR) bagi karyawannya.

Baca Juga

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Malang Djalil, Minggu mengakui, sampai saat ini pihaknya belum menerima pengaduan terkait THR karyawan yang belum dibayarkan.

“Sampai sekarang kami belum menerima satupun pengaduan dari karyawan soal belum dibayarkannya THR oleh perusahaan tempat mereka bekerja,” tegasnya.

Berbeda dengan tahun lalu (2010), katanya, ada 10-15 perusahaan yang mengajukan penangguhan pembayaran THR bagi karyawannya. Namun demikian, bukan berarti kondisi tersebut sudah aman 100 persen.

Sebab, lanjutnya, bisa jadi dari 870 perusahaan yang tersebar di wilayah Kota Malang itu ada yang belum membayar dan baru diadukan setelah H+7, karena posko pengaduan THR bakal dibuka hingga H+7 Lebaran.

Ia berharap, buruh tidak segan-segan untuk melaporkan ke Posko Pengaduan THR atau langsung ke Disnakersos jika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR karyawan sesuai ketentuan.

“Kami berharap seluruh perusahaan di daerah ini benar-benar patuh pada aturan terkait pembayaran THR karyawan ini, sehingga sampai pada masa ditutupnya Posko pengaduan THR tetap tidak ada pengaduan,” ujarnya.

Sebelumnya Djalil mengungkapkan, sedikitnya 10 hingga 15 perusahaan yang beroperasi di daerah itu rawan tidak membayar THR bagi karyawannya, sehingga Disnakersos setempat secara intensif melakukan pemantauan dengan menurunkan 15 orang petugas.

Berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker), pembayaran THR selambat-lambatnya harus dilakukan pada H-7 Lebaran oleh masing-masing perusahaan.

Selama ini yang menjadi masalah dalam pemberian THR kepada karyawan adalah perusahaan skala kecil dan menengah.

Besaran THR yang harus diberikan idealnya sama dengan gaji satu bulan perusahaan yang sesuai dengan Upah Minimun Kota/Kabupaten (UMK) yang berlaku sebesar Rp1.079.887, namun untuk karyawan yang masa kerjanya belum genap satu tahun, maka nominal THR-nya menyesuaikan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs