Lengan Patung Ganhesa Diperbaiki

Jumat, 26 Agustus 2011 - 08:56 WIB • Dibaca 155 kali

Foto: malang post

JUNREJO, MALANGRAYA.info – Arca Ganhesa yang dibakar pencuri di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, mulai diperbaiki Dinas Pariwisata dan Kebuyaan Kota Batu dan Balai Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto. Tim perbaikan diketuai Ahmad Haryono, Ketua Pokja Konservasi BP3 Trowulan.

Baca Juga

Konservasi dilakukan sehari penuh pada tubuh Arca, yang bertengger di tengah sawah milik Rewang, warga desa setempat ini.

"Meski konservasi membutuhkan waktu hingga malam hari, kami harus menyelesaikan," ungkap Ahmad Haryono kepada Malang Post, kemarin.

Akibat rumah arca yang dibakar, bagian tubuh Ganhesa juga ikut pecah. Malahan tangan kanan patung itu, juga patah, beberapa bagian lainnya ikut retak-retak. Menurut Haryono, yang retak dikonservasi dengan cara diinjeksi menggunakan bahan khusus sehingga akan lebih padat.

Sedangkan bagian tubuh yang patah, direkatkan kembali menggunakan lem khusus dan bekas pengeleman pun tidak akan nampak.

"Dulu, kami harus impor melalui tim dari Candi Borobudur untuk mendapatkan bahan konservasi. Namun sekarang sudah ada produk dalam negeri yang mudah diperoleh," tegasnya.

Arca Ganesha itu sendiri, kini sudah dilindungi dengan bangunan rumah baru terbuat dari bamboo dengan atap genting. Pada areal rumah itu, juga msih terpsang garis polisi sehingga tidak ada yang boleh masuk ke lokasi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
ganesha di kota batu situs purbakala trowulan berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs