Disnakertrans Susun Database TKI

Jumat, 26 Agustus 2011 - 07:56 WIB • Dibaca 190 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Malang tengah menyusun database Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Caranya, setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Malang diminta mengirimkan data warganya yang menjadi TKI. Pendataan ini dilakukan karena selama ini data base TKI asal Kabupaten Malang masih lemah akurasinya.

Baca Juga

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Djaka Ritamtama menegaskan pendataan dilakukan karena banyak penduduk Kabupaten Malang berangkat dari luar Malang. Kondisi tersebut menyebabkan data base TKI di Disnakertrans selama ini belum akurat. Dinas hanya memiliki TKI yang berangkat dengan rekomendasi Pasport yang berasal dari Dinas.

"Kita masih belum memiliki database jumlah TKI yang sesuai dengan kondisi riil. Makanya, pendataan ke tiap desa ini untuk mendapatkan database jumlah TKI yang sesuai di lapangan," ungkap Djaka Ritamtama di kantornya, kemarin.

Menurutnya, pendataan TKI itu akan melibatkan para Kades dan Lurah di seluruh kecamatan. Melalui pihak kecamatan, Disnakertrans akan mengirimkan formulir yang nantinya diisi Pemerintah Desa. Data adalah terkait jumlah dan nama warga yang bekerja di luar negeri.

“Formulir dari Disnakertrans ini nantinya di samping diisi oleh pihak desa juga diisi oleh keluarga TKI yang ditinggalkan," imbuhnya.

Dalam formulir itu, diharapkan juga diberikan informasi mengenai negara tempat TKI bekerja serta berapa lama telah berada di luar negeri. Nantinya, selain data tersebut dikirimkan ke Disnakertrans, pihak desa juga akan menyimpan salinan database tersebut.

"Data itu nanti disimpan oleh desa dan kita. Kalau misal ada apa-apa, data yang telah ada tersebut bisa digunakan kapan saja," ungkap Djaka.

Menurutnya, database tersebut penting dibuat karena selama ini bila ada persoalan yang menimpa TKI di luar negeri pihaknya seringkali kesusahan dalam proses konfirmasi dan verifikasi TKI yang kena musibah. Seringkali TKI warga KabupatenMalang bermasalah tapi berangkatnya dari Kota/Kabupaten lain.

Sehingga, dengan adanya data base TKI tersebut pihaknya bisa kapansaja merespon tiap kali ada warga Kabupaten Malang yang bekerja di luar negeri sedang mengalami persoalan. Apalagi, dengan diketahuinya rentang waktu TKI berada di luar negeri bisa ditelusuri juga potensi masalah yang muncul di kemudian hari.

Sementara itu, menurut anggota Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Syamsul Hadi, adanya pendataan TKI tersebut sangat baik. Mengingat pada kasus yang pernah terjadi, database sangat penting dimiliki oleh Disnakertrans.

"Pernah ada TKI Kalipare meninggal di Arab Saudi, ternyata yang mendata dan datanya di Disnakertrans Blitar meski warga Kabupaten Malang. Makanya, hal ini yang perlu diwaspadai juga," ujarnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs