Jelang Lebaran

Lokasi Rukyatul Hilal Tak Berubah

Kamis, 25 Agustus 2011 - 21:28 WIB • Dibaca 135 kali

Pantai Ngliyep - Foto: jasayasa.malangkab.go.id

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Lokasi “rukyatul hilal” untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1432 Hijriah di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak berubah, yakni tetap di Stadion Radar (Satrad) 252 Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo.

Baca Juga

Sebab, sebelumnya Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat akan mengalihkan lokasi semula itu ke lokasi lain, karena dinilai kurang maksimal dan pantauan hilal selalu tertutup awan.

“Usulan pengalihan sebelumnya juga telah disepakati Bupati Malang Rendra Kresna, karena pihaknya menilai lokasi yang paling bagus adalah di Pantai Modangan, Kecamatan Donomulyo,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Malang, Mahfudh Shodar, Kamis.

Mahfudh menilai, tidak berubahnya lokasi “rukyatul hilal” itu karena belum ada kesepakatan resmi berbagai pihak, selain itu lokasi awal masih bisa dimaksimalkan dengan baik, karena telah digunakan dalam beberapa tahun.

“Lokasi pantauan hilal di Satrad, Ngliyep, masih bisa dimaksimalkan, dan mengenai hasilnya juga masih bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya, menjelaskan.

Terkait pantauan hilal di lokasi awal yang selalu tertutup awan, Mahfud menilai, itu sudah merupakan ketentuan alam, dan tidak menjadi alasan utama dipindahkannya ke lokasi lain.

“Itu memang ketentuan alam, dan tidak bisa menjadi alasan utama dipindahkannya ke lokasi lain, sebab jika sudah tertutupi awan maka berarti hasilnya tidak bisa dilihat di Malang,” ucapnya, menegaskan.

Awalnya, Kemenag Kabupaten Malang berencana membicarakan kepindahan lokasi rukyatul hilal ini dengan berbagai pihak, seperti MUI serta tokoh masyarakat.

Sebab, penetuan lokasi rukyatul hilal sangat penting karena menjadi acuan dalam menentukan awal Ramadhan dan Syawal.

Selain itu, rencana penambahan lokasi itu juga akan ditindaklanjuti dengan pertemuan sekitar 100 ahli hisab-rukyat di wilayah Kabupaten Malang.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Iwan Kurniawan
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs