Jelang Lebaran

Dishub Siapkan Ratusan Unit Angkutan Cadangan

Kamis, 25 Agustus 2011 - 12:34 WIB • Dibaca 182 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Dinas Perhubungan Kota Malang, Jawa Timur telah menyiapkan ratusan unit kendaraan sebagai angkutan cadangan guna mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran 2011.

Baca Juga

Kepala Dishub Kota Malang, M. Yusuf, di Malang, Kamis, memprediksikan jika arus mudik dan balik Lebaran 2011 akan meningkat sekitar 2,5 persen daripada 2010.

“Kami siapkan angkutan tambahan (cadangan,red.) cukup banyak, agar para pemudik maupun yang akan balik ke daerah tujuan tidak ada yang tidak terangkut,” katanya.

Yusuf yang juga Mantan Kepala Hubungan Masyarakat Pemkot Malang itu mengatakan, untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP) disiapkan 50 unit reguler dan 10 unit cadangan sedangkan antar kota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 1.327 unit reguler dan 140 kendaraan cadangan.

Ia mengatakan, ketersediaan tempat duduk kereta api rata-rata mencapai 4.382 tempat duduk per hari dan pesawat 864 tempat duduk setiap hari.

Pemudik yang masuk Malang dan tercatat di Dishub Kota Malang pada Lebaran 2010 dengan menggunakan bus AKAP mencapai 23.851 penumpang dan yang keluar Malang tercatat sebanyak 26.763 penumpang.

Pemudik yang keluar Malang dengan menggunakan bus AKDP mencapai 418.010 penumpang dan yang masuk Malang mencapai 429.089 penumpang. Penumpang AKDP masih didominasi jurusan Malang-Surabaya.

Mobil Pengangkut Umum (MPU) tersedia 1.188 unit, angkutan kota (mikrolet) sebanyak 2.236 kendaraan, dan taksi sebanyak 281 unit.

Yusuf yang juga Mantan Sekretaris KPU Kota Malang itu mengatakan, meski jumlah kendaraan pribadi setiap tahunnya terus bertambah, tidak menyurutkan pemudik untuk menggunakan angkutan umum.

“Biasanya kendaraan pribadinya dikirimkan melalui jasa pengiriman sebelum mereka berangkat mudik, sehingga jumlah penumpang umum saat musim mudik tetap tinggi,” katanya.

Kendaraan pribadi di Kota Malang rata-rata bertambah sebanyak 3.500 unit per bulan untuk roda dua dan sekitar 500 unit untuk roda empat.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs