Polres Malang Resmikan Masjid Bintang

Rabu, 24 Agustus 2011 - 12:54 WIB • Dibaca 113 kali

Foto: beritajatim.com

SUMBERPUCUNG, MALANGRAYA.info – Satuan Lalu-Lintas Kepolisian Resor Malang (Polres Malang) meresmikan Masjid Bintang, Selasa (23/8/2011) petang kemarin. Dihadiri Bupati Malang, Komandan Lanud Abdul Rahman Saleh, Waka Danyon Zeni Tempur V Kepanjen, dan sejumlah Muspida Kabupaten Malang, acara peresmian ditandai dengan melepas balon ke udara dan pengguntingan pita.

Baca Juga

Apakah Masjid Bintang itu? Masjid Bintang adalah sebuah program Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur dalam memberikan pelayanan bagi pemudik dalam rangka Idul Fitri 1432 Hijriyah tahun ini. Masjid Bintang, berada di dalam Masjid Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Lokasi masjid bintang cukup strategis. Selain menjadi jalur alternatif bagi pemudik, lokasinya berada persis dipinggir jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar sisi Karang Kates

Masjid Bintang, dibuat bagi pemudik selama dalam perjalanan darat. Disetiap wilayah jajaran Polda Jatim, terdapat satu masjid bintang. Fungsinya adalah, sebagai tempat peristirahatan bagi para pemudik untuk melepas lelah sejenak. Termasuk, menjalankan ibadah ditengah-tengah fasilitas yang super wah diarea Masjid Bintang.

“Sebagai pendukung operasi ketupat lebaran 2011, masjid bintang kami resmikan untuk masyarakat luas selama dalam perjalanan mudik,” ungkap Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Malang, AKP Erwin Aras Genda, SIK, Selasa (23/8/2011) petang saat memberikan sambutannya.

Dijelaskan Erwin, didalam masjid bintang terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan pemudik secara cuma-cuma. Fasilitas tersebut antara lain perpustakaan baca, takjil selama bulan puasa mulai dari makanan ringan, nasi dan minuman gratis, terapi kesehatan gratis dari dinas kesehatan, SIM dan Samsat keliling, rest area dengan pendingin air conditioner, serta fasilitas internet.

Erwin mengatakan, khusus untuk rest area, Satlantas Polres Malang membuat ruangan khusus yang bisa menampung ratusan pemudik. Didalam rest area, di pasang standing pendingin AC 4 PK. Sehingga, bagi pemudik yang kepanasan serta letih selama dalam perjalanan, bisa mampir ke masjid bintang untuk sekedar melepaskan penat dan lelah.

“Standing pendingin dengan 4 PK, cukup mendinginkan suasana bagi pemudik yang letih. Lebih dari itu, ada fasilitas internet hotspot dan juga perpustakaan plus pembuatan ataupun perpanjangan SIM di area masjid bintang,” terangnya.

Erwin menambahkan, tujuan dibentuknya masjid bintang, guna memberikan rasa nyaman dan aman bagi pemudik pada lebaran tahun ini. Selain meresmikan masjid bintang, Satlantas Polres Malang juga memberangkatkan program Budal Awal. Budal Awal sendiri, adalah satu program bagi pemudik untuk pulang ke kampung halaman masing-masing sejak dini.

Fungsi Budal Awal, untuk mengurai kemacetan dan mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas di jalan. “Dengan Budal Awal, bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan akibat menumpuknya pengendara di jalan raya,” paparnya.

Terpisah, Wakil Kepala Polisi Resor Malang, Kompol Anjas Gautama Putra berharap Masjid Bintang bisa memberikan rasa nyaman masyarakat selama mudik. Sedang program Budal Awal, adalah himbauan pada instansi-instansi di Kabupaten Malang termasuk sejumlah perusahaan agar meliburkan sejak dini pegawainya.

Dengan libur jauh-jauh hari sebelum lebaran, akan mengurangi tingkat pengguna jalan. Sehingga, budal awal bisa mengikis angka kemacetan di jalan raya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
- Samsat Keliling wilayah singosari malang bulan puasa libur alamat polres jawa timur malang karang kates logo budal awal berita malang raya berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 batu town square berita kriminal remaja daftar pemain arema pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang keris luk 13 harta karun majapahit pelacuran di malang pilkada malang 2013 sampah anorganik karoseri adi putro arema kerajaan singosari suporter terbanyak di indonesia this is arema arema 2011-2012 nexian pad penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan pengolahan limbah sampah limbah sampah cross ad 305 ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang sendang kamulyan meteor cell malang daun emas berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs