Jelang Pilkada Kota Batu 2012

KPU Kota Batu Cemaskan Pemilih Ganda

Rabu, 24 Agustus 2011 - 10:41 WIB • Dibaca 310 kali

JUNREJO, MALANGRAYA.info – KPU Kota Batu, mengkhawatirkan adanya pemilih ganda dalam Pilkada tahun depan. Itu karena hingga tahun ini, Pemkot masih belum bisa menerbitkan E-KTP. Pemilih ganda tentu menjadi salah satu kecurangan, dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota nanti.

Suprianto anggota KPU menjelaskan, pihaknya sudah melakukan hearing bersama anggota DPRD serta beberapa SKPD di Pemkot yang terkait dalam pelaksanaan Pemilukada nanti.

Baca Juga

"Hingga saat ini, E-KTP belum bisa diberlakukan, dan kapan ada pemberlakuannya juga belum bisa ditentukan. Kami sebenarnya sangat berharap E-KTP segera diberlakukan, sehingga makin mengurangi atau meniadakan pemilih ganda," ungkap Suprianto.

Menurut alumnus UM ini, E-KTP menjadikan satu orang hanya memiliki satu KTP. Itu karena semua program sudah online, sehingga nama orang akan muncul dalam layar komputer jika data sudah digunakan dengan mendapatkan KTP di tempat lain.
Ketua KPU Kota Batu, Bagyo Prasasti menjelaskan, pihaknya sudah bertemu dengan komisi A DPRD, Dispenduk Capil, Kesbang Linmas dan Satpol PP dalam hearing yang berlangsung di gedung DPRD, pekan lalu.

Menurutnya, meski Dispenduk Capil belum bisa memberlakukan E-KTP, jumlah penduduk untuk DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilukada) bisa diberikan sesuai kebutuhan KPU. Sesuai dengan peraturan, DP4 setidaknya sudah diserahkan lima bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

"Sesuai aturan, DP4 memang selayaknya diberikan lima bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Namun kami menginginkan penyerahan dilakukan lebih awal. Menyimak dari pengalaman di kota dan kabupaten lain, KPU tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pemutakhiran data. Kalau penyerahan dilakukan lebih awal, pemutakhiran data bisa dilakukan sehingga akan semakin mengurangi kecurangan termasuk adanya pemilih ganda,” pungkasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
kpu kota batu berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs