Sepuluh Hektare Hutan di Malang Terbakar

Selasa, 23 Agustus 2011 - 20:31 WIB • Dibaca 202 kali

ILUSTRASI - Foto: antara

DAU, MALANGRAYA.info – Sedikitnya sepuluh hektare hutan di kawasan Cemoro Kandang, Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar, Selasa.

Baca Juga

Camat Dau, Firmando HM mengatakan, kebakaran yang menimpa kawasan padang ilalang itu diduga akibat kemarau yang sangat panas melanda kawasan tersebut dalam beberapa hari terakhir.

“Untuk titik lokasi, tepatnya berada di dekat perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar, dan hutan yang terbakar itu adalah milik Perhutani,” kata Firmando ketika dikonfirmasi terkait kejadian ini.

Dikatakannya, kebakaran itu awalnya diketahui warga pada hari Senin (22/8) sore, dan api terlihat besar ketika malam harinya.

“Sesaat setelah kebakaran diketahui, masyarakat di kawasan itu langsung berupaya melakukan pemadaman seadanya, dan api berhasil dipadamkan warga hari ini,” katanya.

Meski demikian, kebakaran ini tidak mengenai pemukiman warga yang paling dekat dengan titik lokasi kebakaran, yakni di Dusun Selokerta, Desa Selorejo.

“Beruntung, daerah yang terbakar kebanyakan masih berupa padang ilalang yang berdiri di atas tanah bercampur pasir, dan tidak mengenai rumah penduduk,” katanya.
Firmando menjelaskan, penduduk yang terdekat dengan lokasi sudah berpengalaman menangani masalah kebakaran, meski perjalanan dari tempat pemukiman warga ke lokasi kebakaran mencapai 2 jam.

“Bagi penduduk sekitar, sudah paham dengan kondisi alam di tempat tersebut, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja, oleh karena itu penduduk langsung menuju ke lokasi kebakaran untuk melokalisir api agar tidak merembet ke arah perkampungan,” katanya.

Sementara itu, titik lokasi terbakarnya hutan tersebut merupakan daerah yang rutin terjadi kebakaran setiap musim kemarau tiba, dan kebakaran terakhir terjadi pada tahun 2009 lalu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs