Jelang Lebaran

Waspadai Tumpukan Sampah

Selasa, 23 Agustus 2011 - 08:16 WIB • Dibaca 157 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang bakal menambah frekuensi angkutan sampah menuju tempat pembuangan akhir (TPA) pada lebaran nanti. Alasannya volume sampah diprediksi meningkat 10 persen dibanding hari-hari sebelumnya.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang kepada Malang Post, kemarin. Menurut dia, pada musim lebaran volume sampah mengalami peningkatan. Pasalnya, tingkat konsumsi masyarakat cenderung naik menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Baca Juga

“Seperti tahun lalu peningkatan volume sampah mencapai 10 persen lebih," tutur Romdhoni.
Apalagi jumlah orang yang datang ke Kabupaten Malang relatif lebih tinggi, berbeda dengan orang yang masuk ke Kota Malang yang relatif lebih sedikit, sehingga volume sampah di kota itu juga otomatis berkurang.

“Karakter Kabupaten Malang dengan Kota Malang itu berbeda, justru di kota banyak orang yang pergi melakukan mudik ke desa," jelas dia.

Pria asal Ponorogo itu juga menjelaskan, bahwa hasil penelitian dalam kondisi normal perilaku setiap orang dalam sehari membuang sampah rumah tangga sebanyak 0,5 sampai 0,6 gram atau setengah kilo gram yang setara dengan dua liter volume sampah.

"Tetapi saat lebaran cenderung meningkat, pada hari-hari biasa total volume sampah yang kita angkut sebanyak 360 meter kubik per hari’," ujar Romdhoni.

Dikatakannya, bahwa 360 meter kubik volume sampah itu diangkut menuju ke empat titik tempat pembuangan akhir (TPA). Antara lain TPA Talang Agung Kepanjen, TPA Randu Agung Singosari, TPA Paras Poncokusumo dan TPA Rejosari Bantur. Disinggung perlukah menambah personel petugas kebersihan, kata dia tidak perlu mengingat terbatasnya jumlah petugas.

"Kita cukup mengoptimalkan frekwensi angkut menuju TPA saja, karena jumlah personel kita terbatas," tandas mantan Kepala Dinas Bina Marga tersebut.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs