Jelang Lebaran

Banyak Bus yang Melanggar Trayek

Selasa, 23 Agustus 2011 - 07:31 WIB • Dibaca 256 kali

Foto: malang post

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Sehari memasuki masa angkutan lebaran, sejumlah bus antar kota antar provinsi (AKAP) ditilang dalam operasi gabungan Polres Malang Kota dan Dinas Perhubungan. Sedangkan para pengemudi bus menjalani tes urine dan tekanan darah kemarin.

Baca Juga

Bus AKAP yang ditilang di Terminal Arjosari dalam operasi kemarin siang itu yakni dua bus Pahala Kencana dan Bus Kramat Jati. Tiga bus jurusan Jakarta itu ditilang karena kedapatan melanggar trayek. Sesuai izin trayek, bus Kramat Jati seharusnya Jakarta-Bekasi-Cikampek-Kalijati dan Subang. Tapi kenyataannya malah beroperasi dengan trayek menyimpang, yakni Jakarta-Malang.

Begitu mengetahui pelanggaran itu, petugas langsung mengamankan buku uji kir sebagai bukti. Sedangkan bus tersebut diperbolehkan beroperasi karena sudah terlanjur memiliki penumpang.

Masalah yang sama juga terjadi pada dua unit bus Pahala Kencana tujuan Malang-Jakarta. Satu armada bus Pahala Kencana ditilang karena beroperasi tak sesuai trayek. Sesuai izin, trayeknya Surabaya-Jakarta. Tapi kenyataannya mengangkut penumpang dari Malang menuju Jakarta.

Sedangkan satu armada Bus Pahala Kencana ditindak karena tidak memiliki izin trayek Malang-Jakarta. Bus yang dikemudikan Mulyono itu sebenarnya bus pariwisata, namun digunakan untuk mengangkut penumpang Malang-Jakarta. "Saya tidak tahu. Tadi disuruh berangkat, ya sudah saya berangkat," kata Mulyono.
Selain menindak bus yang kedapatan melakukan penyimpangan izin trayek, petugas juga menindak pengemudi bus lain yang dinilai tak layak beroperasi. Diantaranya kaca depan retak.

Dalam operasi kemarin, selain melibatkan Satuan Lantas Polres Malang Kota dan Dishub, juga melibatkan Jasa Raharja dan dokter. Petugas Jasa Raharja diikutkan karena sekaligus memeriksa kelengkapan asuransi penumpang.

Sedangkan dokter diterjunkan dalam operasi yang digelar dua jam itu untuk memeriksa urine para pengemudi. Para pengemudi yang semula sedang santai dibelakang kemudi dan siap berangkat, tiba-tiba diminta turun. Lalu petugas mengarahkan mereka untuk menjalani tes urine. Beruntung tidak ada satu pun pengemudi yang kedapatan positif menggunakan narkoba maupun alkohol.

Selain itu para pengemudi juga diwajibkan menjalani pemeriksaan tekanan darah. Jika menemukan pengemudi yang tekanan darah tinggi, diminta untuk segera istirahat dan mendapat vitamin.

"Pemeriksaan hari ini tidak menemukan pengemudi yang memiliki tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Tapi kami sudah menyiapkan vitamin. Jika menemukan harus istirahat kemudian diberi vitamin gratis," jelas Kadis Perhubungan, HM Yusuf disela-sela operasi.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP M Fahri AN Siregar mengatakan, operasi digelar demi menjaga kenyamanan dan keamanan para penumpang. Karena itu operasi yang sama bakal digelar lagi.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
gambat kaca bis retak berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs