Jelang Lebaran

Petugas Gabungan Lakukan Tes Urine Sopir

Senin, 22 Agustus 2011 - 20:19 WIB • Dibaca 89 kali

Foto: beritajatim.com

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Puluhan sopir yang beroperasi di terimanl Arjosari Malang, dilakukan tes urine. Hal tersebut agar sang sopir tak ugal-ugalan membawa penumpang selama diperjalanan.

Baca Juga

Tak hanya tes urine untuk melihat apakah sopir selamat dari bahaya narkoba dan obat sejenisnya, juga dilihat kondisi darahnya. Apakah dara tinggi atau rendah.

Tes urine dihari pertama, baru dilakukan untuk sopir bus jurusan Malang-Jakarta. Ada puluhan sopir yang menjalani tes kesehatan tersebut.

Tes urine hanya dilakukan selama 3 jam. Yakni sejak pukul 12.00 hingga pukul 14.00 WIB. Dalam tes kesehatan tersebut, awalnya puluhan sopir dilakukan tes urine. Setelah menjalani tes urine, langsung menjalani cek kondisi darah.

Tes itu dilakukan di terminal Arjosari Malang, dengan tangani oleh Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Malang. “Tes urine ini, akan dilakukan kepada seluruh sopir angkutan umum yang beroperasi di terminal arjosari,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Muhammad Yusuf, Senin (22/8/2011).

Tes urine yang dilakukan secara terbuka di dalam terminal itu disamksikan secara langsung oleh para calon penumpang. agar juga penumpang mengetahui kondisi sopirnya.

Setelah dilakukan tes urine dan cek kondisi darah menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Eni Sekar Rengganingati, hasil tes urine tersebut masih bisa diketahui Selasa (23/8/2011). “Besok hasilnya abru bisa diketahui,” ujarnya.

Sementara untuk cek darah sopir beranekaragam. “Ada yang darah rendah, ada sopir yang juga darah tinggi. Makanya, kita beri masukan sesuai dengan hasil darahnya. Tujuannya, agar selama nyopir tak membahayakan penumpang dan dirinya,” akunya.

Sementara itu, soal apakah ada sopir yang terdeteksi narkoba ? Sekar mengaku untuk sementara tidak ada. “Tahun lalu juga tak ditemukan sopir yang terdeteksi narokoba. Sekarang juga tak ada,” katanya.

Masih menurut Kepada Dinas Perhubungan Kota Malang, M Yusuf, tes urine dan cek darah akan terus dilakukan hingga semua sopir yang beroperasi di terimnal Arjosari diketahui dalam kondisi aman tak membahayakan penumpang.

“Tujuannya keselamatan penumpang terjamin dan tak ada kecelakaan selama arus mudik lebaran. Kalau sopir diketahui pakai narkoba dan sejenisnya, jelas tak aman bisa saja ugal-ugalan di jalan. Itu membahayakan bagi penumpang,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs