PKL Alun-Alun Merdeka Semakin Semrawut

Senin, 22 Agustus 2011 - 08:17 WIB • Dibaca 367 kali

Foto: malang post

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Arus lalu lintas di sekitar Alun Alun Merdeka hingga sekitar Pasar Besar Malang semakin semerawut. Satpol PP dan Polres Malang Kota diminta saling koordinasi untuk menertibkan PKL yang semakin tak terkendali dan arus lalu lintas di kawasan tersebut yang semerawut.

Baca Juga

Kawasan pusat bisnis itu semakin semerawut sejak dua hari terakhir. Di sekitar Alun Alun Merdeka misalnya, Jalan Merdeka Timur dipenuhi PKL hingga sekitar jam 16.00 WIB. Para PKL itu membawa barang dagangan menggunakan motor. Begitu petugas Satpol PP datang, mereka semburat. Lalu kembali lagi ke lokasi yang sama jika patroli petugas bergeser ke tempat lain.

Di Jalan KH Agus Salim juga tak kalah parah. Selain sebagian badan jalan digunakan untuk parkir, trotoar dan tepi jalan ditempati PKL yang menjual aneka makanan. Para PKL itu tak sekadar memarkir gerobak, tetapi juga menyusun tempat duduk di trotoar dan tepi jalan. Akibatnya badan Jalan KH Agus Salim semakin sempit.

Kemacetan juga terjadi di Jalan Pasar Besar hingga Jalan Sersan Harun. Kemarin sore sekitar jam 16.00 WIB, kendaraan sempat macet lebih dari 15 menit di Jalan Sersan Harun. Ini karena padatnya arus lalu lintas, kendaraan yang parkir di tepi jalan dan PKL yang berjejer.

Arus lalu lintas juga tersendat di Jalan Pasar Besar. Kemacetan ini karena banyaknya kendaraan yang melintas dan kendaran yang parkir di tepi jalan. “Mana petugas Satpol PP yang sebelum Ramadan rajin mengobrak PKL? Arus lalu lintas makin macet parah saat beberapa hari menjelang Lebaran. Kalau petugas tidak disiagakan, kasihan warga yang berbelanja," harap sejumlah warga kepada Malang Post.

Anggota Komisi A DPRD Kota Malang, Soeprasnowo Moenadjam meminta Satpol PP dan Polres Malang Kota segera berkoordinasi untuk mengambil langkah konkret. Yakni, Satpol PP menertibkan PKL dan Polisi mengurai kemacetan.

“Saya sudah lihat kondisi lapangan, ya kondisinya semerawut. Lihat saja, parkir sudah sampai memenuhi badan jalan. PKL juga bermunculan. Bagaimana dengan kenyamanan pejalan kaki?" tanya Soeprasnowo.

Menurut Soeprasnowo, para PKL memang butuh pendapatan, apalagi menjelang Lebaran. Namun harus tertata rapi sehingga tidak saling merugikan dan tak ganggu kenyamanan pejalan kaki.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs