PMI Kota Malang Jamin Stok Darah Aman

Jumat, 19 Agustus 2011 - 17:07 WIB • Dibaca 221 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Malang menjamin stok darah di daerah itu aman selama Bulan Ramadhan hingga menjelang Lebaran.

Ketua PMI Cabang Kota Malang Bambang Priyo Utomo, Jumat, mengatakan, antusias masyarakat untuk mendonorkan darahnya di PMI tetap tinggi, meski saat ini masih menjalani ibadah puasa.

Baca Juga

“Petugas PMI secara rutin dan bergantian membuka layanan donor darah di masjid-masjid setelah Shalat Tarawih, bahkan juga bekerja sama dengan pihak gereja,”katanya.

Meski stok darah di PMI masih aman hingga Lebaran mendatang, katanya, pihaknya berharap masyarakat tetap mendonorkan darahnya, sebab donor darah selain untuk kegiatan sosial juga menyehatkan karena sirkulasi darah menjadi bersih.

Kebutuhan darah yang didistribusikan PMI Kota Malang rata-rata mencapai 40 ribu kantong per tahun atau rata-rata sekitar 3 ribu-4 ribu per bulan.

Darah yang didistribusikan PMI Kota Malang tersebut untuk melayani kebutuhan pasien di Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA), RST Supraoen serta rumah sakit di wilayah Kabupaten Malang, Pasuruan, Blitar dan Tulungagung.

Sementara itu di Kabupaten Malang, jumlah kebutuhan tenaga medis di daerah itu dianggap cukup dan siap untuk memberikan layanan kepada masyarakat setempat termasuk selama Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang M Fauzi mengatakan, jumlah tenaga medis di daerah itu saat ini mencapai 13 ribu orang lebih untuk melayani 2,7 juta jiwa yang tersebar di 2.700 puskesmas.

“Untuk kegiatan di Posyandu masih tetap dilakukan, meski pada Bulan Ramadhan. Kegiatannya juga tidak berubah, mulai dari pengukuran gizi hingga penimbangan berat badan balita,” katanya.

Ia mengemukakan, dari 200 ribu balita yang ada di Kabupaten Malang, baru 70 persen yang rajin melakukan kontrol ke Posyandu.”Kami khawatir yang 30 persen ini bisa mengalami kekurangan gizi (gizi buruk),” ujarnya menambahkan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
pmi kota malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs