Bupati Ingin Lanud Abd Saleh Jadi Embarkasi

Jumat, 19 Agustus 2011 - 12:18 WIB • Dibaca 215 kali

PAKIS, MALANGRAYA.info – Bupati Malang Rendra Kresna meminta agar Lapangan Udara (Lanud) Abdurrahman Saleh diperluas, sehingga bisa menjadi embarkasi haji untuk wilayah Malang Raya dan sekitarnya.

“Jumlah penumpang yang datang maupun berangkat setiap tahun terus meningkat, sehingga Lanud ini perlu diperluas lagi dan dalam waktu tidak lama lagi bisa menjadi embarkasi haji,” tegas Rendra di Malang, Jumat.

Baca Juga

Meningkatnya jumlah penumpang tersebut juga membuat ruang tunggu terutama VIP sudah tidak mampu lagi menampung calon penumpang. Oleh karena itu, sarana dan prasarana serta fasilitas lain secara bertahap harus dibenahi.

Dengan adanya perluasan, kata mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang itu, pesawat jenis airbus (besar) dari beberapa maskapai bisa terbang maupun mendarat di Lanud Abd Saleh.

Saat ini, lanjutnya, fasilitas, sarana dan prasarana yang ada belum bisa dimaksimalkan untuk menampung penumpang hingga Lebaran karena masih dalam tahap perbaikan.

Sebelumnya, Wali Kota Malang Peni Suparto juga berkeinginan segera memiliki asrama haji sendiri, seiring dengan keinginan kota itu membuka jalur embarkasi di Lanud Abd Saleh.

Peni Suparto mengatakan, tahun depan (2012) landasan pacu (runway) Lanud Abd Saleh akan diperpanjang, dari 2.000 meter menjadi 2.500 meter, sehingga pesawat berbadan besar bisa “landing” dan “take off” di Lanud Abd Saleh.

“Dengan adanya asrama haji dan embarkasi di Malang, para calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Malang dan sekitarnya bisa menghemat biaya, tenaga dan waktu karena tidak perlu lagi ke Surabaya,” tegasnya.

Menurut Peni, untuk mewujudkan asrama haji tersebut, Pemkot Malang sudah menyediakan lahan di Kecamatan Kedungkandang. Lahan tersebut merupakan aset milik Pemkot Malang.

Hanya saja, lanjut Peni, untuk pembangunan asrama haji tersebut masih harus dibicarakan dengan para wakil rakyat (DPRD).”Kalau lahannya sudah kami siapkan, sekarang tinggal persetujuan dari dewan saja,” tegas politisi dari PDIP tersebut.

Apalagi, kata mantan anggota DPR RI tersebut, setiap tahunnya jumlah warga Malang raya (Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang) yang berangkat menunaikan ibadah haji cukup besar, sehingga sudah sewajarnya kalau ada asrama dan embarkasi haji sendiri.

Selain itu, katanya, fasilitas dan kondisinya mendukung, yakni adanya bandara sendiri, sehingga tinggal pembangunan asrama hajinya. Lahan untuk lokasi asrama haji itu juga sudah ada dan memadai.

Warga Kota Malang yang berangkat ke tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun rata-rata mencapai 1.250-1.300 orang. Jumlah tersebut belum termasuk dari Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
bandara abdul rahman saleh 2011 lanud abd saleh malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs