Penerapan E-KTP Kota Malang

Dana Minim Tak Pengaruhi Penerapan E-KTP

Kamis, 18 Agustus 2011 - 17:03 WIB • Dibaca 95 kali

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Minimnya anggaran yang disetujui DPRD Kota Malang, Jawa Timur, sama sekali tidak mempengaruhi penerapan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) di daerah itu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang, Rahman Nurmala, memastikan program pembuatan KTP elektronik akan tetap dilaksanakan tahun ini (2011) juga, meski dana pendamping yang disetujui dewan sangat terbatas.

Baca Juga

“Untuk pembuatan E-KTP tahun ini Kota Malang mendapatkan dana hibah dari pusat sebesar Rp24 miliar dan masih membutuhkan dana pendamping cukup besar dari APBD untuk kegiatan operasional,” paparnya.

Hanya saja, lanjutnya, dana pendamping yang dianggarkan dalam APBD 2011 hanya sebesar Rp825 juta. Bahkan, tambahan anggaran yang diajukan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) juga disetujui hanya Rp500 juta dari total yang dibutuhkan sebesar Rp1,7 miliar.

Ia mengemukakan, saat ini alat yang mendukung pembuatan E-KTP di daerah ini baru bisa dikirim dua alat untuk masing-masing kecamatan dari Pemerintah Pusat.

Berapapun alat yang sudah dikirimkan dari Pemerintah Pusat, katanya, asal bisa digunakan, pihaknya akan berupaya tetap memaksimalkannya, meskipun dengan dukungan dana yang terbatas.

Rahman mengakui, program awal yang disusun terpaksa harus diubah karena minimnya anggaran operasional. Semula setiap kecamatan akan menyewa tenda bagi masyarakat yang antre membuat E-KTP, namun karena dananya terbatas maka setiap kecamatan harus memaksimalkan aula.

“Kami harus bisa memaksimalkan dana yang ada dan terpaksa memilah kebutuhan serta memprioritaskan hal-hal yang mendesak saja,” ucapnya.

Dana pendamping yang diajukan dalam APBD maupun PAK 2011 tersebut sedianya untuk pembayaran honor, ATK, serta uang makan bagi para tenaga operator maupun petugas lain yang lembur.

Pelaksanaan pembuatan E-KTP di Kota Malang sedianya diterapkan mulai 1 Agustus lalu, namun karena peralatan dari pusat belum sampai di daerah itu, maka ditunda hingga pertengahan bulan ini.

Jumlah warga Kota Malang yang wajib KTP mencapai 677 ribu dan pembuatan E-KTP sebanyak itu harus diselesaikan selama 100 hari kerja.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
ktp elektronik malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs