Dua Mantan Pimpinan Banggar Dapat Remisi

Kamis, 18 Agustus 2011 - 11:55 WIB • Dibaca 34 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Dua mantan pimpinan Badan Anggaran DPRD Kota Malang, Agus Sukamto dan A. Zainuri mendapatkan remisi masing-masing satu bulan. Remisi yang diterima Agus Sukamto dan Zainuri merupakan bagian dari 940 narapidana di LP Lowokwaru yang mendapatkan remisi pada peringatan HUT ke-66 Kemerdekaan RI tahun ini.

Selain Agus dan Zainuri, narapidana teroris, Kholili juga mendapatkan remisi sebanyak dua bulan masa kurungan penjara. Secara simbolis, remisi yang diterima 940 napi diserahkan Wali Kota Malang, Peni Suparto kepada perwakilan napi penerima remisi dari LP Klas I Malang dan LP wanita Sukun.

Baca Juga

“Napi yang mendapatkan remisi atau potongan masa tahanan minimal harus sudah menjalani sepertiga masa pidananya. Remisi yang diberikan mulai dari satu bulan sampai dengan 6 bulan," kata Kepala LP Klas I Malang, H. Wibowo Joko Harjono, SH, MM.

Dijelaskannya, remisi itu diberikan kepada napi yang berkelakukan baik. Penilaian untuk memberikan remisi itu dilakukan sampai dengan saat akan diberikan remisi kepada napi yang bersangkutan. “Kalau misalnya kurang dari satu jam, dia melakukan pelanggaran, bisa saja remisi itu tidak diberikan. Jadi hitungannya jam, tidak hari," ungkapnya.

Dari 940 napi yang mendapatkan remisi, 75 orang napi langsung mendapatkan pembebasan dan bisa langsung kembali kepada keluarganya. Napi yang mendapatkan remisi langsung bebas itu mendapatkan remisi mulai satu bulan sampai enam bulan. Sedangkan, napi yang mendapatkan remisi umum bebas sebagian sebanyak 865 orang napi. 291 orang mendapatkan remisi 1 bulan, 210 memperoleh potongan dua bulan, 202 orang napi mendapatkan diskon 3 bulan, 73 orang napi mendapatkan 4 bulan, 74 napi mendapatkan diskon kurungan penjara 5 bulan dan 15 orang mendapatkan potongan kurungan penjara 6 bulan.

“Setelah dapat remisi, 75 orang napi akan langsung bebas hari ini. Sebagian lainnya mendapatkan potongan masa tahanan bervariasi," terangnya.

Setelah mendapatkan remisi Kemerdekaan, napi juga akan mendapatkan tambahan remisi pada lebaran nantinya. Berapa banyak yang akan mendapatkannya, Wibowo belum dapat memastikannya. Hanya saja, remisi yang akan diberikan pada lebaran nanti, bilangannya lebih kecil dari remisi umum pada saat Kemerdekaan.“Remisi tambahan mulai dari 15 hari sampai dengan dua bulan. Itu akan diberikan pada hari raya keagamaan pada lebaran nanti," tambahnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs