Jelang Lebaran

Harga Beras Stabil Karena OP

Rabu, 17 Agustus 2011 - 21:01 WIB • Dibaca 173 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Operasi pasar yang dilakukan Badan Urusan Logistik (Bulog) Malang sepekan terakhir dinilai menjadi penyebab stabilnya harga beras pada kisaran Rp 8.000 per kg kualitas medium. Bulog menggerojog 1,5 ton per hari, di sejumlah pasar pusat kota Malang seperti Blimbing, Klojen d an Pasar Besar, hingga harga di tingkat konsumen bertahan Rp 8.500 per kg.

Hingga Selasa (16/8/2011), harga beras menurut Ny Muhammad Ajie, pedagang makanan warung makan yang sudah 20 tahun berdagang mengungkap, beras kualitas medium merek mentari yang ia beli seharga Rp 8.500.

Baca Juga

Sebelum puasa harga beras yang sama hanya Rp 8.000 per kg. Sulit membuat harga beras bertahan di bulan puasa, kecuali karena adanya operasi pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Imam Santoso menyatakan Bulog mampu menjual beras OP sebanyak 10 ton dengan harga Rp 6.100 per kg selama sepakan ini. “Stok beras dinyatakan aman untuk Malang sampai dengan H+7 Lebaran,” kata Imam.

Kepala Bulog Malang Awaluddin Iqbal pekan lalu menjelaskan, informasi harga dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang juga menyebut bahwa pengaruh OP beras oleh armada OP Bulog telah mempertahankan harga di pasaran pada tingkat bertahan atau stagnan. Tindakan OP oleh Bulog ini, sekalipun memenuhi permintaan Pemkab Malang melalui TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) juga diukur melalui serapan pasar.

OP hanya dilakukan jika ada serapan. Jika serapan terhenti, dan pasar bisa berperilaku wajar sesuai dengan permintaan dan suplai, maka OP bisa dihentikan atau ditunda, katanya. Hingga kini kemampuan pasar menyerap beras OP, mencapai 1,5 ton per hari.

Ini menunjukkan bahwa daya beli masyarakat cukup tinggi. Apalagi pada pertengahan bulan puasa pabrik dan kantor mulai merealisasikan pemvberian uang THR, yang akan mendorong meningkatnya kekmampuan belanja atau daya beli masyarakat .

Layanan untuk mendapatkan tingkat harga yang rendah dilakukan tidak hanya terhadap beras, melainkan juga pad a komoditas yang lain, dalam bentuk pendirian pasar murah. “Pasar murah oleh Pemkot Malang diselenggarakan bersama PKK Kota Malang,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : kompas
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
info daftar harga beras 17 july 2012 diwilayah malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs