Guru Labrak KUA Gara-gara Suami Nikah Lagi

Rabu, 10 Agustus 2011 - 18:25 WIB • Dibaca 686 kali

SUMBERMANJING WETAN, MALANGRAYA.info – Seorang perempuan yang ditengarai Guru SMPN di wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang, mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe). Kedatangan perempuan bernama Pipit (47), warga Kepanjen kemarin siang itu, sempat membuat petugas KUA tercengang.

Pasalnya, Pipit yang datang didampingi keluarga dekatnya, menyerahkan bukti-bukti surat nikah resmi yang dikeluarkan oleh KUA Kepanjen tahun 1991 dengan nomer nikah 321/7/X/173/1991. Usut punya usut, nomer nikah keluaran KUA Kepanjen tersebut, menyatakan jika Pipit pernah menikah dengan seorang lelaki bernama Totok Dwi Wicaksono (45).

Baca Juga

Ironisnya, Totok justru bisa menikah lagi dengan seorang gadis cantik bernama Linda Rahim yang umurnya, masih 26 tahun. Linda tercatat sebagai warga kelurahan Pakuncen RT3/RW2, Pasuruan Kota. Pernikahan itu, dilangsungkan di KUA Bugul Kidul Pasuruan dengan nomer surat nikah 13.07.18/PW.01/173/2011.

Pipit yang tak terima suaminya nikah lagi dan meninggalkan dirinya berikut anak semata wayangnya meski statusnya masih suami istri, akhirnya mendapati jika Totok suaminya, menikah setelah data-data dirinya, tercatat pada KUA Sumawe.

Pada data diri Totok dengan alamat Desa Tambakrejo RT5/RW12, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Totok tercatat lahir pada tanggal 14 Agustus 1970. Padahal menurut Pipit, Totok adalah lahir di Kepanjen. Tahun kelahiran Totok aslinya juga pada tahun 1966. Bukannya 1970.

Lebih dari itu, Pipit juga mendapati Totok masuk dalam Kartu Susunan Keluarga (KSK) dengan nomer 350704140870003. Di situ tercantum, nama Totok tercatat masih bertalian darah dengan Sih Jatmiko Adi, Sih Pambinaningtyas dan Martina Putri Nikona. KSK itu keluar pada tanggal 31 Maret 2011.

Nah, dengan temuan inilah, Pipit pun tak terima. Pasalnya, Totok berstatus masih suaminya. Pipit menduga suaminya nikah lagi dan banyak memalsukan identitas diri. Termasuk, dugaan pemalsuan KTP dan KSK sudah dilakukan aparat desa Tambakrejo yang berani mengeluarkan identitas abal-abal atas nama Totok.

Menanggapi amarah Pipit, Kepala KUA Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Drs. Muslich, pada wartawan Rabu (10/8/2011) hari ini mengatakan, secara resmi KUA Sumawe memberi rekomendasi untuk melangsungkan pernikahan di pasuruan berdasarkan data dari desa Tambakrejo saja.

“Kami memberi rekomendasi tidak asal-asalan. Kalau ada data dari desa, otomatis ya kami rekom,” terangnya.

Dijelaskan Muslich, rekomendasi pernikahan atas nama Totok data mulai KTP, KSK dan pas photo secukupnya, semua dikeluarkan Desa Tambakrejo. Kalau kemudian ada yang mempersoalkan, berarti ada yang sengaja membuat identitas palsu lewat desa.

“Kalau memang data rekom pernikahannya palsu, ya kami sangat menyayangkan. Karena persyaratan untuk sampai pada KUA sangat panjang. Jika indikasi data dari desa itu palsu, kami berharap pelakunya bisa diproses secara hukum,” tegasnya.

Terpisah, sumber di Polsek Sumbermanjing Wetan membenarkan jika Pipit sempat datang dan melapor ke Polsek terkait pemalsuan identitas pernikahan suaminya atas nama Totok Dwi Wicaksono. Hanya saja, Petugas Polsek akhirnya mengarahkan Pipit agar melaporkan permasalahan itu ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) ke Polres Malang.

Diduga, aksi pemalsuan identitas pernikahan dilakukan oleh perangkat Desa Tambakrejo yang lama. “Kami belum tahu soal itu mas. Saya baru dilantik kemarin. Bisa saja kasus pemalsuan identitas itu dilakukan sebelum saya menjabat,” ucap Sudarsono, Kades Tambakrejo yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu itu.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs