Ditemukan Puluhan Kaleng Susu Kedaluarsa

Rabu, 10 Agustus 2011 - 16:29 WIB • Dibaca 211 kali

KEDUNGKANDANG, MALANGRAYA.info – Sedikitnya 30 kaleng susu yang kondisinya rusak dan kedaluarsa ditemukan di dua pusat perbelanjaan Jalan Danau Toba, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen, Kota Malang, Eko Sugiono mengatakan, selain puluhan kaleng susu, 40 item makanan seperti roti dan bakpia dalam keadaan busuk, juga ditemukan di tempat tersebut.

Baca Juga

Penemuan itu, diketahui ketika Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Lembaga Perlindungan Konsumen melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pusat perbelanjaan Giant serta AVAN Jalan Danau Toba.

“Kami di sini menemukan sedikitnya 30 kaleng susu dan 5 kaleng sarden dalam keadaan rusak, serta ditemukan pula 40 item makanan yang kadaluarsa dan yang membusuk,” katanya.

Usai ditemukan, sejumlah anggota BPOM memusnahkan kaleng dan makanan itu dengan cara merusak kaleng terlebih dahulu kemudian membuangnya ditempat sampah.

Eko mengatakan, masih ditemukannya sejumlah makanan kedaluarsa dan kaleng susu rusak yang dijual oleh pusat perbelanjaan sangat merugikan konsumen.

“Ini tentu akan merugikan konsumen, oleh karena itu harus dimusnakan, sedangkan bagi pusat perbelanjaan yang menjual makanan kedaluarsa tentunya akan mendapat peringatan, hingga disidangkan nantinya,” kata Eko.

Oleh karena itu, Eko meminta agar pusat perbelanjaan di Kota Malang tidak memanfaatkan Lebaran dengan menjual makanan dan minuman yang kedaluarsa, sebab akan merugikan konsumen.

“Biasanya, pusat perbelanjaan tidak mengetahui adanya makanan dan minuman yang kadaluarsa, sebab mereka langsung menerima barang tersebut dari para distributor,” ka Eko.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pemilik pusat perbelanjaan mengawasi setiap barang yang masuk, sebab apabila konsumen dirugikan atas makanan dan minuman yang kadaluarsa, maka yang bertanggungjawab adalah pemilik pusat perbelanjaan tersebut.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs