Muncul Dualisme Kepemilikan Persema?

Rabu, 10 Agustus 2011 - 08:14 WIB • Dibaca 91 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Hembusan 'angin segar' yang baru saja membuai kubu Persema Malang tampaknya bisa jadi hanyalah sebatas angin lalu. Disebut-sebut sebagai satu diantara sembilan calon top penghuni kompetisi kasta teratas musim 2011-2012 karena dianggap telah memenuhi syarat untuk lolos verifikasi, badai dilema rasanya bakal menerpa klub berjuluk Laskar Ken Arok dalam waktu dekat.

Problem dualisme kepemilikan tampaknya menjadi masalah yang akrab dengan klub sepakbola profesional asal Malang. Tak hanya Arema yang kini menjadi rebutan sejumlah pihak, problematika serupa diyakini bakal menular kepada 'saudara tuanya'. Langkah tim pujaan Ngalamania untuk kembali ke jalur Liga Super barangkali tak bakal semulus yang terlihat.

Baca Juga

Persema yang kini di bawah naungan PT Singosari Sakti Indonesia terlihat begitu mantap menyongsong gelaran musim kompetisi baru. Sebagai salah satu klub professional yang sudah memiliki syarat yang digariskan Asian Football Confederation (AFC), Laskar Ken Arok diprediksi akan melengang mudah melewati proses assessment.

Namun, barangkali manajemen Laskar Ken Arok lupa bahwa saat dulu tim berkiprah di Liga Super Indonesia (LSI), Persema terdaftar atas kepemilikan PT Sang Amurwa Bumi.

Hal itulah yang dikhawatirkan bisa mengganjal langkah skuad besutan pelatih Timo Scheunemann untuk berkompetisi di top liga musim 2011-2012. Manajemen harus segera membereskan aspek legalitas tersebut andai tak mau akhirnya muncul masalah di tengah jalan.

Disinggung terkait dualisme 'induk' pengayom tersebut, CEO Persema, Didied Poernawan Affandi terlihat tenang. Menurutnya, perusahaan yang sah menangani Persema saat ini hanyalah PT Singosari Sakti Indonesia.

"Dokumennya sudah baru dan atas nama Singosari (PT Singosari Sakti Indonesia). Yang lama (atas nama PT Sang Amurwa Bumi) sudah tidak jelas," ungkapnya kepada Malang Post.

Didied mengaku dokumen-dokumen atas nama PT Sang Amurwa Bumi tak lagi berlaku karena tak ada kejelasan akta notaris. Padahal PT Sang Amurwa Bumi yang dipakai mendaftarkan Persema di LSI sebelum akhirnya Persema hengkang ke LPI. Bisa jadi jika nantinya Persema kembali ke PSSI, induk sepakbola Indonesia itu akan menemukan PT Sang Amurwa Bumi sebagai 'pemilik' Persema.

"Sudah kami telusuri, tapi urusannya di notaris tidak jelas. Jadi sejak awal berkiprah di LPI (Liga Primer Indonesia), kita sudah efektif atas nama PT Singosari dan berlaku sampai sekarang. Saya rasa tidak akan ada masalah," tandas pria yang juga dikenal sebagai dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Brawijaya (UB) tersebut.

Pernyataan Didied dipertegas oleh Direktur PT Sang Amurwa Bumi, Sutrisno Hadi Wibowo. Pria yang akrab dipanggil Bowo itu membenarkan bahwa kini manajemen Persema berada di tangah PT Singosari Sakti Indonesia.

"Sejak mereka memutuskan berkiprah di LPI, mereka sudah pakai PT yang baru dengan manajemen baru pula," bebernya.

Namun, bila Didied merespon datar, sebaliknya Bowo masih belum bisa memastikan apakah Persema dengan naungan manajemen baru bakal sah di mata PSSI untuk bisa kembali ke jalur Liga Super.
"Setahu saya, sampai saat ini Persema di PSSI masih terdaftar atas nama PT yang lama, yaitu Sang Amurwa Bumi. Nanti bergantung kebijakan PSSI saja, bagaimana kelanjutan nasib dan legalitas Persema," timpalnya.

Pasalnya, meski tak lagi menangani Persema sejak semusim terakhir, PT Sang Amurwa Bumi kini tak lantas gulung tikar. Dokumen-dokumen terkait kepemilikan tim berjuluk Laskar Ken Arok bahkan masih tersimpan lengkap.

"PT masih ada dan tak lantas bubar walaupun tak lagi menangani Persema. Kan masih bisa digunakan untuk bisnis lain. Akta notarisnya masih ada kok," pungkas Bowo kepada Malang Post.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita persema berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs