Sidak Sembako

Petugas Temukan Banyak Mamin Kadaluarsa

Selasa, 9 Agustus 2011 - 14:25 WIB • Dibaca 88 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Tim gabungan dari berbagai dinas terkait pemerintah kota Malang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke 11 lokasi pasar tradisional dan super market. Dari sidak tersebut banyak temuan makanan dan minuman (mamin) yang kadaluarsa.

Sidak di gelar untuk antisipasi jelang lebaran dan antisipasi makanan membahayakan untuk dikonsumsi masyarakat.

Baca Juga

Sidak dipimpin langsung oleh sekretaris dinas perdagangan dan perindustrian (disperindag) kota Malang Siti Mahmudah. Disperindag juga didampingi pihak satpol pp, dinas kesehatan dan dinas pertanian serta dinas perekonomian.

Menurut Siti Mahmudah, dari beberapa temuan sidak ke berbagai lokasi memang menemukan barang yang kadaluarsa. “Tapi hanya lama tak laku, tapi tak diambil dari tempat barangnya dan diganti barang yang baru,” katanya.

Selain mamin juga ada parsel yang berisi kue yang tak diketahui kapan diproduksi dan kapan batas akhir konsumsinya. “Seharusnya kue itu diberi keterangan juga agar pembeli tahu kapan batas akhirnya,” kata Mahmudah kepada salah satu petugas Carrefour market yang berlokasi di Jl Agus Salim, Kota Malang.

Selain itu di Toko Dewa-Dewi di Jalan Kopral Usman, Kota Malang, banyak ditemukan makanan yang sudah kadaluarsa masih dipajang dan dijual. “Di Mini market itu ada 11 barang yang sudah kadaluarsa. Minuman seperti susu dan sirup juga ada yang sudah kadaluarsa,” katanya enggan menyeburkan macam mamin yang kadaluarsa itu.

Sementara untuk minuman keras yang diketahui dipajang di rak barang dagangan diminta untuk disimpan selama bulan Ramadhan. “Baru kalau selesai puasa silahkan dijual lagi,” kata Mahmudah.

Dari temuan tersebut, Mahmudah menegaskan, pihaknya mengimbau kepada pemilik swalayan atau toko serta super market untuk tidak menjual barang yang sudah kadaluarsa.

Ditanya soal sanksi Mamudah mengaku, ada beberapa tahapan. Pertama diperingatkan dan diberi peringatan kalau masih ditemukan ada barang kadaluarsa baru akan disanksi. “Sanksinya tergantung pelanggarannya,” katanya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs