Penerapan E-KTP Kota Malang

Penerapan E-KTP Tertunda Lagi

Selasa, 9 Agustus 2011 - 13:47 WIB • Dibaca 141 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Penerapan (pelaksanaan) Elektronik KTP (E-KTP) yang direncanakan awal Agustus 2011, akhirnya tertunda lagi karena alat pembuatan E-KTP dari pusat sampai saat ini masih belum dikirim ke masing-masing kecamatan.

Kepala Dispendukcapil Kota Malang Rahman Nurmala, Selasa, mengatakan pihaknya sudah mendapatkan surat dari Kemendagri terkait tertundanya jadwal pelaksanaan E-KTP dan direncanakan baru dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus mendatang.

Baca Juga

“Itupun setiap kecamatan hanya mendapatkan dua alat,sementara alat pinjaman dari pusat baru bisa dikirim ke Kota Malang pada tanggal 2 September 2011,” ucap Rahman.

Akibatnya, tegas Rahman, target 100 hari pembuatan E-KTP tahun 2011 sudah tuntas dipastikan juga mundur.Selain itu, undangan pembuatan E-KTP untuk warga yang wajib KTP akhirnya juga belum dikirimkan kepada masyarakat.

Setelah gagal dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus, penerapan E-KTP di Kota Malang dijadwal ulang pada pekan kedua Agustus. Namun, gagal lagi karena peralatan dari pusat belum sampai di Kota Malang.

Peralatan pendudkung yang belum datang itu di antaranya adalah “printer” (alat cetak), “scanning” (permindai) sidik jari, alat pas foto serta beberapa peralatan pendukung lainnya yang menjadi satu paket.

Karena peralatan pendukung tersebut belum datang, katanya, maka pihaknya belum bisa melakukan bimbingan teknis (bimtek) bagi 100 orang petugas (operator) yang khusus melayani pembuatan E-KTP di lima kecamatan yang ada di wilayah itu.

Setiap kecamatan, nantinya akan mendapatkan peralatan pendukung antara 7-8 alat. Saat ini peralatan yang sudah terpasang adalah jaringannya, sedangkan alat pendukung lainnya masih menunggu datang dari pusat.

Lebih lanjut, Rahman mengatakan, bimtek bagi operator E-KTP tersebut akan dilakukan selama dua hari, namun peralatan pendukung masih belum ada, sehingga pelaksanaan bimtek pun juga ditunda.

Menyinggung anggaran yang disetujui dewan hanya Rp500 juta dari pengajuan Rp1,7 miliar, Rahman mengaku, pihaknya akan memaksimalkan anggaran yang ada.

“Sebenarnya total kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan E-KTP ini sebesar Rp1,9 miliar dan baru ada sebesar Rp185 juta ditambah Rp500 juta dari PAK. Mau bagaimana lagi, ya kita maksimalkan saja yang ada,” tegasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
e-ktp malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs