Potensi Wisata Belum Tergarap Maksimal

Selasa, 9 Agustus 2011 - 13:04 WIB • Dibaca 271 kali

KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Potensi industri wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih belum tergarap secara maksimal, sehingga belum banyak menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten itu.

Direktur Utama PD Jasa Yasa Kabupaten Malang Supri Hadiono, Selasa, mengakui potensi industri wisata di daerah itu cukup banyak terutama wisata pantai, namun sampai sekarang belum tergarap dengan baik untuk mendulang PAD.

Baca Juga

“Dari sekian banyak lokasi wisata di daerah ini, baru Pantai Balaikambang dan wisata air panas Songgoriti yang benar-benar digarap maksimal,” ujarnya.

Mantan Camat Lawang itu mengakui, kendala terbesar wisatawan lokal maupun asing yang ingin menikmati keindahan pantai di Kabupaten Malang adalah infrastruktur dan “rest area” yang sampai sekarang belum terwujud.

Selain Pantai Balaikambang, Kabupaten Malang juga memiliki beberapa pantai yang sangat indah, di antaranya adalah Pantai Ngliyep, Pantai Sipelot, Pantai Sendangbiru yang dilengkapi dengan pulau eksotik, Pulau Sempu, Pantai Kondangmerak serta Pantai Tamban.

Untuk memaksimalkan potensi wisata tersebut, katanya, memang harus ada perubahan manajemen dan perubahan legal aspek berupa peraturan daerah (perda), karena perda yang dibuat tahun 2001 itu sudah tidak sesuai dengan perkembangan Kabupaten Malang yang cukup cepat.

Selain itu, juga harus ada konsolidasi organisasi, program dan SDM.”Kalau beberapa aspek itu bisa dilakukan, saya yakin potensi wisata yang ada akan bisa mendulang PAD cukup besar, bahkan saya optimistis mampu menembus angka Rp1 miliar,” ujarnya.

Guna memaksimalkan upaya tersebut, katanya, pihaknya juga akan menunjuk direktur usaha dan direktur administrasi yang sampai saat ini belum ada.

Sementara Karang Taruna Desa Srigonco, Kecamatan Bantur yang mengelola Pantai Balaikambang, Fathurrozi, menuturkan sebenarnya kawasan Pantai Balaikambang merupakan lahan milik Perhutani, sehingga pengelolaannya juga menjadi kewenangan Perhutani.

Namun, katanya, masyarakat di sekitar hutan juga diberi hak untuk ikut mengelola pantai wisata tersebut. Hanya saja, Pantai Balaikambang berada di wilayah Kabupaten Malang, maka PD Jasa Yasa juga ikut mengelolanya.

“Sehingga, wisatawan juga diberi dua karcis (retribusi). Satu dari PD Jasa Yasa dan satu lagi dari Karang Taruna Srigonco. Hasilnya nanti sebagian juga diserahkan ke kas daerah,” ujarnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Joni Wijaya
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs