Persema Akan Kembali ke ISL

Selasa, 9 Agustus 2011 - 07:58 WIB • Dibaca 49 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Kompetisi sepakbola kasta tertinggi di tanah air baru akan digulirkan 8 Oktober mendatang. Proses verifikasi klub-klub calon peserta bahkan diperkirakan baru rampung setelah 25 Agustus nanti. Namun, kubu Persema tampaknya sudah bisa sedikit bernapas lega.

Sebagai klub yang sebelumnya memutuskan hengkang dari keanggotaan PSSI di masa kepemimpinan Nurdin Halid, nasib tim berjuluk Laskar Ken Arok bisa dibilang berbalik 180 derajat di era PSSI pimpinan Djohar Arifin Husein.

Baca Juga

Meski putaran kedua Liga Primer Indonesia (LPI) akhirnya dihapus, nasib Persema tak lagi terkatung-katung. Pasalnya, tim pujaan Ngalamania telah mendapat 'garansi' bakal berkompetisi di kasta teratas musim 2011-2012. Sebagai satu diantara sembilan klub profesional Indonesia yang memenuhi syarat dari Asian Footbal Confederation (AFC). Praktis skuad yang kini diarsiteki Timo Scheunemann sudah hampir pasti lolos proses verifikasi yang dimulai sejak 3 Agustus lalu.

Lima aspek yang harus dipenuhi untuk bisa dinyatakan lolos antara lain finansial, legal, sporting, infrastruktur dan administrasi perseorangan. Sebelumnya, garansi yang dimaksud tak lain adalah pernyataan langsung yang dilontarkan oleh Ketua Umum PSSI.

"Sejauh ini masih sembilan klub yang telah memenuhi syarat profesional untuk bisa berkompetisi di kasta tertinggi musim ini. Rinciannya ada enam klub LSI (Liga Super Indonesia), yaitu Semen Padang, Sriwijaya FC, Persib Bandung, Arema, Pelita Jaya dan Deltras Sidoarjo serta tiga klub asal LPI (Liga Primer Indonesia) yaitu Persema Malang, Persibo dan PSM Makassar," ungkap Djohar Arifin Husein dalam diskusi bersama Jurnalis Malang Raya (Jurma) bertajuk 'Menapak Masa Depan Sepakbola Indonesia' di Ubud Vila and Hotel Malang, Senin (8/8) kemarin.

Pernyataan tersebut setidaknya juga mempertegas status Persema yang artinya kini otomatis sudah kembali ke pangkuan 'induk semangnya', dalam hal ini PSSI, meski tak melewati mekanisme kongres. PSSI sendiri sebelumnya sudah mengakui LPI sebagai bagian di dalamnya, sehingga klub-klub anggotanya bakal memperoleh kesempatan yang sama untuk ambil bagian di kompetisi nasional PSSI.

Untuk lolos verifikasi sehingga dinyatakan layak berkompetisi di kasta tertinggi, masing-masing klub dituntut memenuhi sejumlah syarat, antara lain harus mendepositkan uang senilai Rp 5 miliar sebagai jaminan keikutsertaan.

Selain itu, masih ada pula pemberlakuan budgeting cap senilai Rp 15 miliar. Setiap klub per musimnya dibatasi dana belanja pemain dengan hanya Rp 15 miliar.

Ditanya soal kesiapan klub kembali ke jalur 'Liga Super' tersebut, Ketua Umum Persema, Peni Suparto mengaku optimis. "Kita memang sudah profesional, sehingga kita sudah siap berkompetisi di level teratas. Soal deposit juga tengah diupayakan, yang jelas sudah siap memenuhi segala persyaratan. Kan selama ini Persema telah dikelola oleh PT (PT Singosari Sakti Indonesia)," ujar pria yang juga Wali Kota Malang itu di sela-sela kesempatan yang sama kemarin.

Seolah mempertegas pernyataan sang Ketum, CEO Persema, Didied Poernawan Affandi juga memberikan keterangan senada terkait kesiapan Laskar Ken Arok menatap kompetisi format anyar.

"Ini tantangan berat buat Persema, namun sekaligus menjadi peluang bagi kami untuk membuktikan diri bahwa Persema memang layak bersaing di kompetisi level teratas. Apalagi Persema juga sudah memenuhi lisensi AFC, jadi kami optimis lolos verifikasi," terang pria yang juga dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Brawijaya (UB) tersebut.

Disinggung soal pengupayaan dana deposit sebesar Rp 5 miliar, Didied mengaku terus melakukan penjajakan dengan para investor. "Kita ada sejumlah investor dari dalam dan luar negeri yang sedang dijajaki. Kalau memang belum deal, kita bisa pakai dana dari konsorsium," imbuhnya.

Tak hanya soal dana, Didied juga menyebut persiapan tim kini sudah memasuki tahap perburuan pemain. Guna menghadapi kompetisi sekelas Liga Super, menurutnya tim membutuhkan tambahan sejumlah pemain berkualitas.

"Kita sedang menyesuaikan kontrak dengan pemain lama. Untuk perburuan pemain baru juga jalan terus. Persema berniat mengikuti liga kasta tertinggi, jadi harus siap pula dengan pasukan terbaik," pungkas pria yang juga menjabat sebagai Pembantu Dekan (PD) II FE UB ini.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs