Pemkab Siapkan 2,2 M untuk Terangi Jalan Desa

Senin, 8 Agustus 2011 - 08:16 WIB • Dibaca 246 kali

Dinas Bina Marga Pemkab Malang menyiapkan dana Rp 2,2 miliar untuk proyek pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) Tahun 2011 ini. Proyek PJU tersebut tersebar di 18 kecamatan, terutama jalan protokol dan sejumlah jalan desa yang butuh penerangan. Total titik PJU yang akan dipasang itu mencapai 250 titik.

Kepala Dinas Bina Marga Pemkab Malang M. Anwar menegaskan bahwa proyek tersebut adalah prioritas Pemkab. Banyak titik PJU berada di desa-desa karena dianggap penting untuk dialiri listrik. Salah satu tujuannya untuk mengurangi angka kriminalitas terutama perampokan.

Baca Juga

“PJU itu langsung diberi meterisasi agar bisa mengontrol pemakaian beban listrik," tegas Anwar, sapaan akrabnya.

Desa-desa yang akan dipasangi PJU antara lain Desa Tawangargo (perbatasan Kota Batu) di Kecamatan Karangploso, Desa Slorok dan Jatikerto Kecamatan Kromengan, Desa Slamet dan Bokor Kecamatan Tumpang. Serta Desa Pakisjajar dan Sukolilo Kecamatan Pakis, Desa Belum Poncokusumo, Desa Kendalpayak Kecamatan Pakisaji.

“Ada juga du Desa Wringinanom sampai Desa Gubukklakah, itu jalur wisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," jelasnya.

Disamping itu, menurut Anwar, PJU juga dipasang di Desa Lumbangsari sampai Desa Sukonolo Kecamatan Bululawang, Desa Parangargo dan Desa Gondowangi Kecamatan Wagir, Desa Tirtomoyo Kecamatan Pakis, Desa Gunungsari sampai Desa Kidal Kecamatan Tajinan, juga di daerah selatan di Desa Wonokerto Kecamatan Bantur.

“Sebagian lainnya di perkotaan kecamatan serta kawasan pasar," imbuhnya.

Dia menambahkan bahwa pemasangan PJU terbanyak ada di Kecamatan Pakis dan Kecamatan Karangploso yaitu di 36 titik. Kemudian Kecamatan Karangploso mencapai 37 titik, Kecamatan Kromengan sebanyak 27 titik, Kecamatan Tumpang 11 titik, Kecamatan Poncokusumo 15 titik, Kecamatan Pakisaji 20 titik, Kecamatan Bululawang 13 titik, Kecamatan Wagir 10 titik, Kecamatan Tajinan delapan titik, Kecamatan Kepanjen dipasang 29 titik.

"Kalau di Kecamatan Bantur 16 titik, Kecamatan Ampelgading 11 titik, Kecamatan Kalipare 14 titik dan Kecamatan Pagelaran 10 titik," katanya.

Pemasangan PJU juga fokus di kawasan kecamatan kota seperti Pakis, Kepanjen dan Karangploso. Untuk Kecamatan Karangploso di Desa Tawangargo yang berbatasan dengan Kota Batu yang banyak diakses oleh warga dari berbagai penjuru. Itu untuk menindaklanjuti kerjasama akses wisata bersama Pemkot Batu.

Terpisah, Camat Karangploso, Suroto mengaku gembira dengan pemasangan PJU di perbatasan Kota Batu. Dengan demikian, jalan itu bisa menjadi jalan utama karena penerangannya sudah memadai. PJU dari Kota Batu dipasang hanya sampai perbatasan Desa Tawangargo.

“PJU mendukung jalan yang sudah bagus, sehingga kalau malam tidak terlalu gelap sehingga kenyamanan dan keamanan pengguna jalan pastinya lebih baik lagi," bebernya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • SUDIRMAN

    BINA MARGA KAKEAN KORUPSINE….
    ILINGI MATI…. DALAN DESO KU MULAI MAKAM SAMPE BULUREJO, SUDAH LAMA MINTA PJU TAPI SAMPAI SEKARANG CUMA NGGEDABRUS THOK !!!
    BUPATI NYA JUGA GAK PUNYA WIBAWA SI RENDRA INI,,,,,, SUDAH DIMENANGKAN DI WILAYAH DESA SAPTORENGGO, TAPI SAMPAI SEKARANG ‘JANI-JANJINYA SAAT PEMILU’ CUMA ASAP SAJA…. NGGEDABRUS AWAKMU REND ?!!!
    NGONO NJALUK PBB WARGA HARUS LUNAS !!
    SAYA HARAP BUPATI RENDRA BERKACA DULU… SEBELUM BERBICARA KEPADA SKPD SE MALANG RAYA, MAKANYA PENCAPAIAN DARI TARGET HANYA 53% PAK !!! KARENA BUPATINYA OMDO..

  • Sarip Tambak Oso

    Jalan desa sampai perumahan kita di Valensia, belum ada penerangan, Gelap, dan Berlubang-lubang. kalau sampai Pemilukada Kabupaten, msh belum ada perbaikan.
    Jangan Harap anda Rendra Kresna sebagai Bupati, mendapat Suara….
    Anda itu Orang asal Genitri, tapi tetangga desa dilupakan….!!! terlalu !!

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs