Target PAD Parkir Turun Jadi Rp 2,3 Miliar

Jumat, 5 Agustus 2011 - 09:19 WIB • Dibaca 205 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2011 berimbas pada penurunan target pendapat asli daerah (PAD) dari sektor parkir yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Malang. Semula, PAD dari retribusi parkir mencapai Rp 2,5 miliar, pada PAK akan diturunkan menjadi Rp 2,3 miliar.

Menurut anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Bambang Triyoso, penurunan target PAD parkir untuk menyesuaikan dengan Perda No. 16 tahun 2010 yang mengatur tentang pajak parkir. Sesuai dengan Perda itu, ada sekitar 58 titik kawasan parkir yang semula dikelola Dinas Perhubungan retribusinya akan diserahkan kepada Dinas Pendapatan Kota Malang. 58 titik itu masuk dalam wilayah pajak parkir, bukan retribusi parkir yang dikelola Dishub.

Baca Juga

“Rp 200 juta yang dikurangi dari target PAD dari retribusi parkir dialihkan kepada Dinas Pendapatan daerah yang akan menarik pajak parkir. Pada intinya tidak ada penurunan tapi hanya ditempatkan pada tempat yang semestinya," kata Bambang, kemarin.

Sesuai dengan Perda itu, wilayah retribusi parkir yang dikelola Dishub Malang dikenakan pada wilayah parkir yang menggunakan fasilitas pemerintah seperti dipinggir jalan dan bahhu jalan. Sedangkan, wilayah parkir yang terkena pajak parkir berada pada wilayah parkir yang tidak menggunakan fasilitas pemerintah, seperti parkir yang ada di mal-mal atau lainnya.

“Perbedaan wilayahnya ada pada penggunaan lahan parkir yang digunakannya. Kalau menggunakan lahan pemerintah ditarik retribusi oleh Dishub, kalau diluar itu menjadi kewenangan Dispenda untuk menarik pajak parkir," ungkapnya.

Meski ada usulan penurunan target PAD, dewan akan mengkaji secara serius untuk menetapkannya. Apalagi, tariff parkir pun sudah mengalami kenaikan dari yang semula Rp 500 untuk sekali parkit naik menjadi Rp 700 untuk sepeda motor. Untuk mobil yang semula hanya Rp 1000 sudah dinaikan menjadi Rp 1500.“Kenaikan tarif retribusi parkir itu akan disesuaikan kembali dengan penurunan target PAD dari retribusi parkir itu," tandasnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs