Verifikasi Siap, Pusing Deposit Rp 5 M

Jumat, 5 Agustus 2011 - 08:49 WIB • Dibaca 38 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Workshop yang digagas PSSI di Jakarta pada hari Rabu (3/8) lalu menghasilkan sejumlah keputusan penting. Di antaranya soal agenda pelaksanaan kompetisi nasional. Kini penantian klub-klub kontestan Indonesia Super League (ISL), Liga Primer Indonesia (LPI) hingga Divisi Utama terjawab seiring kejelasan bahwa kompetisi bakal mulai diputar medio Oktober mendatang.

Molornya jadwal pertandingan musim ini, disebabkan belum ditemukannya format yang tepat untuk mengakomodir LPI, ISL dan Divisi Utama. Namun dalam Assessment Workshop bersama AFC dan perwakilan klub-klub di Hotel Sahid, Rabu itu, Konfederasi Sepakbola Asia sudah menentukan batas kemoloran kompetisi.

Baca Juga

Klub-klub calon peserta kompetisi musim 2011/2012 sudah diberi jangka waktu untuk melakukan pendaftaran dan menjalani proses verifikasi kelayakan sebagai peserta kompetisi mulai taggal 3 hingga 25 Agustus mendatang. “Kita harus menjalani verifikasi dahulu antara tanggal 3 sampai 25 Agustus. Verifikasi itu demi memenuhi lima aspek kompetisi seperti finansial, legal, sporting, infrastruktur dan administrasi perseorangan,” terang CEO Persema, Didied Poernawan Affandi.

Guna mengantongi tiket lolos verifikasi, Didied mengungkapkan klubnya sudah menyiapkan sebagian besar syarat untuk bisa mengikuti kompetisi musim ini. “Dokumen-dokumen mulai legal sudah kita perbaiki, sporting, infrastruktur juga kita sudah bisa kita penuhi,” kata pria yang juga menjabat sebagai Pembantu Dekan (PD) II ini.

Tetapi yang menjadi ganjalan bagi klub berjuluk Laksar Ken Arok itu, yakni setiap klub wajib menyerahkan surat jaminan kesanggupan pembiayaan selama tiga musim kompetisi. Menurut Didied, setiap klub profesional yang berkiprah di level teratas harus mendepositkan uang senilai Rp 5 M sebagai jaminan keikutsertaan. “Ini yang cukup berat kita diminta untuk menyiapkan dana sebesar Rp. 5 M untuk syarat ikut kompetisi, pusing disuruh menyiapkan segitu banyak dana depositnya,” tandasnya.

Selain itu, masih ada pula pemberlakuan budgeting cup senilai Rp 15 M. Setiap klub per musimnya dibatasi dana belanja pemain dengan hanya 15 M. Didied beranggapan hal itu ditujukan supaya tidak terjadi lagi kesulitan keuangan seperti yang dialami beberapa klub di kompetisi musim lalu. “Budgetting cup bagus demi menyehatkan keuangan klub, supaya menghindarkan klub dari krisis finansial,” bebernya.

PSSI kabarnya memberlakukan setiap klub hanya boleh memberikan kontrak maksimal Rp 500 juta per musim bagi pemain lokal dengan durasi kontrak minimal tiga tahun. Atas dasar itu, pihaknya mengaku akan melakukan negosiasi ulang dengan beberapa pemain yang memang memiliki nilai kontrak di atas Rp 500 juta per musim. Terlebih durasi kontrak pemain Persema kebanyakan hanya sepanjang dua tahun. “Kita harus melakukan negosiasi ulang dengan pemain supaya budgetting cup bisa terpenuhi,” paparnya.

Meski masih menyisakan dua kendala tersebut, Didied optimis skuad Laskar Ken Arok akan lolos proses verifikasi. Saking optimisnya, dia yakin 80 persen Persema mengikuti kompetisi musim ini. “Lainnya sudah kita penuhi tinggal itu saja, 80 persen kita optimis lolos verifikasi,” pungkas Dosen Ekonomi Universitas Brawijaya Malang ini.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : malang post
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs