Pembangunan Mall dan Hotel di Kompleks Terminal Arjosari

Dewan Ingin Ada Kajian Mendalam

Kamis, 4 Agustus 2011 - 15:19 WIB • Dibaca 249 kali

BLIMBING, MALANGRAYA.info – Anggota Komisi B dan C DPRD Kota Malang mengingatkan agar rencana investasi berupa pembangunan mall dan hotel di area Terminal Arjosari dikaji secara detail. Terutama kajian pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat di Malang Raya dan sekitarnya.

Anggota Komisi B, Ir Sofyan Edi Jarwoko mengingatkan tentang pentingnya kajian karena sudah banyak mall di Malang. Tujuannya agar tidak ada investor dan pengusaha yang dirugikan.

Baca Juga

“Apakah keberadaan mall yang semakin bertambah sudah sesuai dengan daya beli masyarakat? Kita harus melihat dan belajar dari pengalaman yang ada selama ini," jelas Sofyan Edi.

Ia lantas mencontohkan adanya mall di kota pendidikan ini yang berubah fungsi menjadi hotel. Selain itu juga harus mempelajari tentang daya beli masyarakat di berbagai mall yang ada di kota pendidikan ini.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang ini juga mengingatkan agar rencana investasi mall yang sedang dijajaki tidak merugikan pihak lain. Terutama Pemkot Malang dan masyarakat serta kalangan pengusaha.
Secara terpisah, anggota Komisi C, Choirul Amri mengatakan hal senada.

“Prinsipnya kita welcome terhadap investor. Tapi semuanya harus dikaji sehingga kerjasama yang dibangun tidak saling merugikan," kata dia.

Choirul mengingatkan, kehadiran investor juga tidak boleh merugikan pedagang kecil di sekitar tempat investasi.

“Jangan sampai kehadiran investor besar menggusur pedagang kecil," tandas politisi PKS ini.

Sebaliknya Choirul mengingatkan agar kehadiran investor dapat bersinergi dengan pedagang kecil. Mantan Ketua DPD PKS Kota Malang ini juga mengingatkan agar rencana pembangunan mall di area Terminal Arjosari harus sesuai peruntukan kawasan. Selain itu kajian tentang dampak lingungan, terutama arus lalu lintas juga harus menjadi perhatian utama.

Sebelumnya Wali Kota Malang Peni Suparto mengatakan, saat ini sudah ada investor asal Jakarta yang jajaki pembangunan mall dan hotel di area Terminal Arjosari. Pembangunan mall dan hotel di area terminal terbesar di Malang Raya ini merupakan bagian dari konsep modernisasi Terminal Arjosari yang sudah dimulai tahun ini.

Kini tahap pertama modernisasi terminal itu sudah dimulai. Yakni diawali dengan pembangunan landasan bus dan fasilitas penunjang dengan nilai proyek sebesar Rp 3.866.000.000.

Tahun depan dilanjutkan dengan tahap kedua, diantaranya pembangunan gedung berlantai dua, tempat tunggu penumpang dan belalai menuju bus sesuai jalur tujuan. Pada tahun berikutnya dilanjutkan dengan tahap ketiga pembangunan fasilitas angkot berupa ruang tunggu, parkir dan akses.

Setelah pembangunan tahap tiga dilanjutkan dengan pembangunan mall dan hotel yang akan melengkapi Terminal Arjosari. Pembangunan mall dan hotel diserahkan kepada pihak ketiga.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
kajian politis dampak pembangunan mal berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs