Balita Bersisik dari Kasembon

Harapan Rohim Sembuh Sangat Tipis

Kamis, 4 Agustus 2011 - 13:53 WIB • Dibaca 174 kali

Foto: detik.com

KASEMBON, MALANGRAYA.info – Harapan Rohim Wahyu bocah berusia 3,5 tahun terlepas dari penyakit kulit hingga mengakibatkan sekujur tubuhnya bersisik sangatlah kecil. Pasalnya, penyebab penyakit kerusakan jaringan kulit itu berasal dari kelainan genetika pada putra pasangan Waryono dan Sulistyowati itu.

Baca Juga

“Kalau untuk sembuh total sangat sulit, karena ini merupakan kelainan genetik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang M. Fauzi saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Kamis (4/8/2011).

Menurutnya, penanganan terhadap Rohim hanya sebatas pada pencegahan, bukan kedalam tahap penyembuhan. Penyakit itu akan terus kambuh dan menyerang sekujur tubuh Rohim di suhu tertentu. “Bisanya hanya mencegah, bukan menyembuhkan,” akunya.

Dari hasil observasi tim medis Puskesmas Kasembon terhadap Rohim selama satu hari penuh kemarin, diketahui gejala kerusakan jaringan kulit hingga menyebabkan gatal-gatal itu diduga pernah dialami oleh anggota keluarga sebelum Rohim dilahirkan. Secara turun temurun, penyakit yang sama akan diderita oleh anggota keluarga lain. “Jelas saja, dulu pernah ada anggota keluarganya yang mengalami penyakit sama,” ungkap Fauzi.

Gejala awal Rohim menderita kerusakan jaringan kulit ini terjadi saat baru berusia 4 bulan, keberadaan balita kini tinggal bersama neneknya di Dusun Bocok, Desa Pondokagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, saat itu merantau bersama ibunya di Pulau Natuna. Penyakit ini semakin parah seiring Rohim tak pernah menjalani pemeriksaan medis.

Jalan termudah untuk mencegah menjalarnya penyakit diderita Rohim adalah, kata Fauzi, dengan memberikan asupan gizi yang cukup pada balita tersebut. “Saat ini kita upayakan untuk memberikan asupan gizi yang cukup, agar ada kekebalan pada tubuhnya untuk menolak penyebaran penyakit tersebut,” bebernya.

Seperti diberitakan, Rohim Wahyu, bocah berusia 3,5 tahun ini mengalami penyakit yang membuatnya tumbuh berbeda dengan balita lainnya. Putra pasangan Waryono (35) dan Sulistyowati (26), ini nyaris sekujur di tubuhnya bersisik. Diduga sisik pada kulit balita ini akibat pigmen kulit yang rusak.

Namun, penyakit bocah asal Dusun Bocok RT03/RW02, Desa Pondokagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, ini belum diketahui pasti penyebabnya. Pasalnya, penyakit yang dialami Rohim tak pernah mendapatkan penanganan serius.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : detik
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
penyakit kulit bersisik penyakit kulit berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs