Balita Bersisik dari Kasembon

Kulit Bersisik Rohim Karena Kelainan Genetik

Kamis, 4 Agustus 2011 - 12:57 WIB • Dibaca 290 kali

Foto: detik.com

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Penyakit kulit membuat sekujur tubuh bayi berusia 3,5 tahun, Rohim Wahyu bersisik, dipastikan kelainan genetik atau penyakit bawahan sejak lahir.

Baca Juga

Hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan dilakukan tim medis Puskesmas Kasembon terhadap gejala penyebab kerusakan jaringan kulit pada bayi tinggal di Dusun Bocok Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang.

“Hasil observasi penyakit yang dialami Rohim karena kelainan bawahan, bukan infeksi atau lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang M. Fauzi kepada detiksurabaya.com melalui telpon genggamnya, Kamis (4/8/2011).

Ia menambahkan, kepastian juga diketahui dari hasil rekam medik saat Rohim menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) setahun lalu, yakni adanya kelainan genetika putra pasangan Waryono (35) dan Sulistyowati (26).

“Ada kelainan pada genetika dan itu terjadi sejak lahir, mulai nampak saat Rohim berusia 3-4 bulan,” imbuh Fauzi.

Ditanya langkah apa yang tengah dilakukan pihaknya untuk memberikan penanganan, Fauzi mengaku tim medis dari puskesmas memberikan sejumlah asupan gizi terhadap Rohim dengan harapan penyakit yang dialami bisa terlawan oleh kekebalan tubuhnya.

“Upaya kami membentuk tubuh Rohim sehat dengan gizi cukup, agar bisa membangun imun pada tubuhnya,” ungkapnya.

Langkah itu, lanjut Fauzi, dinilai tepat karena penyakit yang kini menggerogoti Rohim merupakan penyakit bawahan. Terkait rujukan ke RSSA Malang, sambung dia, harus menunggu seluruh proses administrasi pengajuan jaminan kesehatan selesai.

Kendati itu ada kendala besar pada proses itu, yakni orang tua Rohim tak tercatat sebagai warga setempat.

“Mereka adalah warga Pulau Natuna dan di sini belum berpindah kependudukan. Itu yang menjadi kendala agar bisa dapat jamkesda ataupun jamkesma,” ujar Fauzi.

Pihaknya sudah menyarankan orang tua Rohim agar meminta rekomendasi dari kepala desa, untuk menyatakan jika kondisi keluarganya benar-benar tak mampu. “Agar bisa digunakan berobat ke rumah sakit, soal transportasi kita sudah meminta kepada kecamatan untuk memfasilitasinya,” tutur Fauzi.

Seperti diberitakan, Rohim Wahyu, bocah berusia 3,5 tahun ini mengalami penyakit yang membuatnya tumbuh berbeda dengan balita lainnya. Putra pasangan Waryono (35) dan Sulistyowati (26), ini nyaris sekujur di tubuhnya bersisik. Diduga sisik pada kulit balita ini akibat pigmen kulit yang rusak.

Namun penyakit bocah asal Dusun Bocok RT03/RW02 Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, ini belum diketahui pasti penyebabnya. Pasalnya, penyakit yang dialami Rohim tak pernah mendapatkan penanganan serius.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : detik
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
  • Admir

    Does anyone know what happened to this little boy. Please answer if you know anything

x close
kelainan genetik berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs