Tiga SD Di Gondanglegi Akan Digabung

Kamis, 4 Agustus 2011 - 11:01 WIB • Dibaca 220 kali

Foto: malang post

GONDANGLEGI, MALANGRAYA.info – Lama tak dilakukan, tahun ini diperkirakan bakal terjadi penggabungan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Malang. Tiga SD yang akan digabung adalah SDN Gondanglegi Wetan 3 (SD Gajahmada), SDN Gondanglegi Wetan 2 dan SDN Gondanglegi Kulon 1.

Baca Juga

Ketiga sekolah itu berada dalam satu komplek yakni dibelakang Kantor UPTD Dinas Pendidikan Gondanglegi.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Malang Suwandi mengatakan bahwa penggabungan itu atas permintaan para guru. Dari tiga sekolah itu ternyata ada beberapa sekolah yang kekurangan murid. Solusinya adalah dilakukan penggabungan supaya proses belajar mengajar menjadi efektif.

“Kita sudah turun kesana, ya prinsipnya harus dilakukan penggabungan," kata Suwandi.

Akan tetapi kalau sekolah itu bergabung, maka akan ada dua Kepala Sekolah yang menganggur. Maka menurut Suwandi, penggabungan harus menunggu para Kepala Sekolah pensiun atau dipindah. Padahal secara de jure, mereka baru saja dikukuhkan Bupati Malang Rendra Kresna beberapa hari lalu.

“Ya supaya Kepala Sekolah tidak ada yang menganggur maka penggabungan harus menunggu pensiun atau bergeser ke sekolah lain bila ada Kasek yang pensiun," kata Suwandi.

Dia menambahkan bahwa penggabungan sekolah di Kabupaten Malang terakhir terjadi pada tahun 2001. Salah satu contoh sekolah yang digabung adalah SD Negeri 1 Jabung yang kini menjadi sekolah tipe A. Syarat sekolah tipe A adalah jumlah siswa mencapai 500 anak.

“Guru Umum harus 12 orang, guru agama dua, guru olahraga dua, punya penjaga sekolah dan Kasek," tegasnya.

Sementara itu, Dwi Hari Cahyono Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Malang menegaskan bahwa penggabungan harus segera dilakukan. Komisi B sudah meninjau tiga sekolah yang ingin bergabung. Agar proses belajar mengajar berjalan efektif maka Dinas Pendidikan harus memfasilitasi hal itu.

“Kita mendorong agar segera digabung, nanti malah bisa menjadi sekolah unggulan tipe A," tegas politisi PKS itu.

Yang menggembirakan, wacana penggabungan itu ternyata malah bergulir dari para guru dan Kasek. Padahal biasanya soal penggabungan, akan terjadi silang pendapat karena enggan digabung. Tapi untuk kasus tiga SD di Gondanglegi, Komisi B menyambut baik wacana tersebut.

“Tinggal Dindik nya seperti apa, seharusnya untung karena pendanaan berkurang, dan manajemen jadi satu, namun harus rela dua Kasek kehilangan posisi," pungkas pria berkacamata ini.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs