Bantuan Tempat Ibadah Terlambat

Kamis, 4 Agustus 2011 - 09:05 WIB • Dibaca 68 kali

ILUSTRASI. Foto: rakyat merdeka

BATU, MALANGRAYA.info – Dana pemeliharaan tempat ibadah, yang biasanya dikucurkan oleh Pemkot Batu menjelang Ramadan, ternyata hingga kemarin belum juga digulirkan meski bulan suci ini sudah memasuki hari keempat. Takmir musala dan masjid pun, ikut mempertanyakan pencairan bantuan tersebut.

Baca Juga

"Benar, sampai sekarang bantuan tempat ibadah belum cair. Kami tidak tahu apakah bantuan tersebut masih diberlakukan ataukah tidak,"ungkap Slamet Takmir Musala Nurul Islam, Kecamatan Junrejo.

Oadahal pihaknya sudah memprogramkan pemasangan paving di halaman musala berlokasi di Jalan Hasanudin, Kecamatan Junrejo ini. Pemavingan itu, untuk kenyamanan jamaah yang meluber sampai halaman melaksanakan Salat Tarawih. Karena tidak ada kejelasan dari Pemkot, takmir dan jamaah Musala Nurul Islam akhirnya patungan untuk pemasangan paving di sekitar musala itu.

Dikonfirmasih soal itu, Kepala Bagian Kesra Pemkot Batu, Agus Salim menjelaskan, bahwa bantuan tempat ibadah tetap ada halnya tahun lalu. Namun saat ini masih belum bisa diserahkan, karena dananya belum ada ditambah pencairan masih menunggu PAK APBD Kota Batu 2011.

"Kami sudah mengusulkan anggaran itu sejak pembahasan APBD, akhir tahun lalu. Namun karena anggaran terbatas, bantuan tempat ibadah ini dipangkas sehingga belum bisa cair sampai sekarang," urai Agus Salim, kemarin.

Bantuan dana operasional tempat ibadah, itu, tambahnya, sedianya diberikan menjelang Ramadan. Tidak hanya masjid dan musala, tetapi gereja, vihara maupun dan pura juga mendapatkan bantuan.

Pihaknya pun minta masyarakat bersikap tenang dan bersabar, karena Pemkot Batu sudah mengajukan dana tersebut melalui PAK tahun ini. "Insya Allah PAK disahkan September, sehingga Oktober bantuan untuk tempat-tempat ibadah bisa cair," katanya.

Untuk musala, kata dia, mendapatkan bantuan sebesar Rp 1 juta per tahun. Sedangkan masjid, pura, vihara memperoleh bantuan Rp 2,5 juta per tahunnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs