Kades Tambakasri Kepergok Curi Kayu

Rabu, 3 Agustus 2011 - 21:53 WIB • Dibaca 248 kali

ILUSTRASI. Foto: beritajatim.com

SUMBERMANJING WETAN, MALANGRAYA.info – Kepergok blandong (mencuri kayu-red) milik Perhutani Malang, warga melaporkan Gunawan Wibisono (38),yang tak lain adalah Kepala Desa (Kades) Tambakasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, ke Polisi, Rabu (3/8/2011) siang ini. Selain melaporkan kades ke Polisi, warga juga melaporkan kades mbeling itu ke Perhutani Malang. Hingga berita ini diturunkan, sang kades masih dalam proses penyidikan dan pemeriksaan.

Baca Juga

“Kejadiannya hari minggu kemarin. Kita kroscek ke lapangan Senin. Kami mendapatkan laporan dari warga jika ada pencurian kayu. Setelah kami sergap, pelakunya ternyata kadesnya sendiri,” ungkap Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Tambakasri, Mulyono, Rabu (3/8/2011) siang pada wartawan.

Menurut dia, lokasi pencurian kayu berada di hutan Glondong, Tambakasri pada petak 67B. Lokasi pencurian, masuk areal Perhutani KPH Malang. Saat itu, pelaku asyik melakukan pembalakan liar dengan jenis kayu rimba yang tumbuh di kawasan tersebut.

Mulyono mengatakan, informasi awal saat warga setempat, menelepon dirinya jika ada seseorang yang sedang menggergaji kayu rimba. Setelah melakukan serangkaian persiapan, petugas akhirnya menangkap Kades Tambakasri. “Tertangkapnya pelaku saat ada telpon dari warga. Warga meminta Perhutani tidak pandang bulu dalam menegakkan aturan,” paparnya.

Ditambahkan Mulyono, dari hasil olah TKP, pihaknya menemukan 2 batang kayu bulat ukuran 2×2, 8 meter dengan jenis kayu bayur, 6 tonggak batang bekas gergaji, dan sisa-sisa kayu dari pembalakan liar. Total kerugian ditaksir Rp.35 juta lebih.

Menanggapi aksi pencurian kayu oleh Kades, Kepala Badan Pemangku Hutan (KBPH) Sumbermanjing Wetan, Sofyan Farizi mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan. Jika benar kades itu melakukan pencurian, otomatis pasti akan dihukum.

“Kami sudah berkoordinasi dengan KPH Malang dan Kantor Perhutani Pusat. Termasuk, sudah memberitahu Polsek Sumbermanjing Wetan. Kalau melanggar hukum dan terbukti melakukan pembalakan liar, pasti ada sangsinya,” tegas Soyfan.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
tambakasri berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs