Malang Sandang Predikat Kota Layak Anak

Rabu, 3 Agustus 2011 - 19:35 WIB • Dibaca 166 kali

ILUSTRASI. Foto: Kompas

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Kota Malang menyandang predikat sebagai kota layak anak (KLA) setelah memperjuangkannya sejak 2008 lalu.

Baca Juga

Kepala Bidang Pengembangan Kota Layak Anak (KLA) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Endah Sri Rejeki, Rabu, mengatakan, Kota Malang dinilai memenuhi syarat sebagai model pengembangan KLA bagi kota/kabupaten lain.

“Program yang dilaksanakan pemerintah untuk memenuhi hak-hak anak biasanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, karena dua dinas itu sebagian besar berorientasi pada anak-anak,” kata katanya di sela-sela Advokasi dan Sosialisasi Pengembangan KLA di Kota Malang.

Untuk bisa menyandang predikat KLA itu, katanya, minimal ada 31 hak-hak anak yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik termasuk menurunnya angka kekerasan pada anak-anak.

Sementara itu Wali Kota Malang Peni Suparto mengatakan, secara kasat mata keberhasilan sebuah daerah dalam memenuhi kebutuhan anak-anak memang sulit, namun sebagai tolok ukurnya adalah bidang pendidikan.

Menurut politisi dari PDIP itu, kualitas pendidikan di Kota Malang cukup bagus dan angka partisipasi dalam pendidikan dasar dan menengah juga tidak kalah dengan daerah lain, bahkan sedikit lebih baik.

“Tentu ini membanggakan, tapi tetap harus ditingkatkan. Upaya peningkatan mutu KLA Kota Malang di antaranya bisa ditempuh melalui seminar atau workshop,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Enny Sekar Rengganingati menambahkan, salah satu kriteria KLA adalah rendahnya angka kematian anak. “Di Kota Malang ini angka kematian anak-anak lebih kecil daripada angka rata-rata Jawa Timur,” ujarnya.

Pemerintah menargetkan jumlah KLA pada tahun 2014 bisa mencapai 100 kota/kabupaten. Saat ini baru ada 35 kota/kabupaten se-Indonesia.

Hak-hak anak yang harus dipenuhi antara lain adalah hak memperoleh pendidikan, hak bermain, hak beribadah, dan hak untuk memperoleh akte kelahiran.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs