Stok Beras Bulog Malang Menipis

Rabu, 3 Agustus 2011 - 17:19 WIB • Dibaca 107 kali

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Stok beras di Bulog Sub Divre Malang menipis hanya bisa memenuhi kebutuhan 3 bulan terakhir. Kepala Bulog Kantor Sub Divre Malang Awaluddin Iqbal mengaku ketersediaan beras hanya cukup hingga Oktober 2011.

“Iya stok beras kami menipis cukup hanya untuk tiga bulan,” katanya saat dihubungi melalui telpon genggamnya, Selasa (2/8/2011).

Baca Juga

Meski ketersediaan beras menipis, lanjut dia, diharapkan masyarakat tidak cemas, karena pada dasarnya kekurangan beras bisa diambilkan dari kantor bulog daerah lain.

Ia mengaku, ketersediaan itu juga tak mengganggu distribusi beras miskin (raskin) di wilayah Malang Raya dan Pasuruan. “Untuk raskin masih tetap ada, yang setiap bulannya menyalurkan 4.965 ton beras,” ungkapnya.

Sementara menghadapi lebaran ini, kata dia, menurut rencana raskin untuk dua bulan yakni Agustus dan September akan disalurkan bersamaan bulan ini. Selain itu selama bulan puasa pihaknya akan menggelar Operasi Pasar guna mengendalikan harga beras di pasaran.

“Dua hari kita jual 1,5 ton beras dengan harga Rp 6.100 per kg,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, operasi pasar dilakukan untuk mengendalikan harga dan menekan laju inflasi di Jawa Timur. Selama ini penyerapan beras tidak mencapai target yang diinginkan.

Pada Januari-Maret hanya mampu menyerap sebanyak 5 ribu ton beras. Padahal sesuai target selama tiga bulan seharusnya mampu menyerap 15 ribu ton beras.
Demikian pula dengan penyerapan hingga awal Agustus ini pengadaan hanya mencapai 17.500 ton setara beras.

Penyerapan itu sangat rendah atau tidak sesuai dengan rencana karena seharusnya Januari-Agustus mampu menyerap sekitar 40.000 ton setara beras dari target penyerapan 2011 sebanyak 77 ribu ton.

“Keterlambatan penyerapan itu karena 43 mitra kerja bulog kesulitan membeli beras dan gabah petani, karena harga di pasaran tak terkendali,” bebernya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : detik
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs