Bosda untuk Sekolah Dasar Akan Ditambah

Rabu, 3 Agustus 2011 - 11:10 WIB • Dibaca 369 kali

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Meski dunia pendidikan sempat menjadi banyak sorotan saat penerimaan siswa baru, alokasi dana pendidikan akan terus ditingkatkan. Rencananya, pemerintah akan menaikan bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) dari APBD 2011. Awalnya, Bosda untuk MI/SD hanya Rp 5000 per bulan akan dinaikan menjadi Rp 7000 per bulan per siswa.

Baca Juga

Dalam APBD, jumlah siswa SD/MI yang mendapatkan bantuan Bosda dari Pemkot Malang sebanyak 85900 siswa. Awalnya, dengan Bosda Rp 5000 per bulan per siswa dana yang telah disiapkan sebanyak Rp 10,4 miliar. Jika ada tambahan Rp 2000 per bulan per siswa, dalam perubahan anggaran keuangan APBD 2011 harus ada tambahan dana sebesat Rp 7.215.600.000.

“Kami akan mengusahakan ada kenaikan dana Bosda hingga Rp 2000. Kalau pun tidak bisa mendekati angka itu. Disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Tapi, kami berupaya bisa melakukannya dengan maksimal," kata Ketua Komisi D DPRD Kota Malang, DR. H. Christea Frisdiantara, MM, kemarin.

Harapannya, dengan adanya kenaikan Bosda akan membantu operasional sekolah yang selama ini banyak menarik dari masyarakat. JIka ada kenaikan Bosda, tarikan kepada orang tua siswa pun akan berkurang. Sehingga masyarakat tidak terlalu terbebani biaya besar untuk menyekolahkan putra-putrinya.

Dana Bosda itu pun akan mengcover dana lembar kerja siswa (LKS) yang selama ini sering dibebankan kepada orang tua siswa. Belakangan, banyak orang tua yang mengeluhkan pengadaan LKS yang harus dibebankan kepada orang tua siswa.

“Dana untuk LKS akan dibebankan APBD. Sehingga nantinya tidak ada lagi keluhan orang tua terkait tarikan untuk pembelian LKS," terang PR Unikan Malang itu.

Tidak hanya Bosda yang akan mengalami kenaikan. BOS nasional pun akan mengalami kenaikan. Semula, dana BOS nasional yang diterima Kota Malang sebanyak Rp 37 miliar, dengan adanya kenaikan BOS nasional jumlah dana yang akan diterima hampir mencapai Rp 40 miliar.

“Peningkatan anggaran pendidikan harus berimbas pula pada peningkatan kualitas pendidikan di Kota Malang. Itu harapan besar kami," terangnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
logo bos logo bantuan operasional sekolah bosda malang raya bosda sd kota malang berita malang raya berita kriminal remaja berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 daftar pemain AREMA 2012 harta karun majapahit batu town square daftar pemain arema keris luk 13 pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang suporter terbanyak di indonesia pilkada malang 2013 pelacuran di malang sampah anorganik karoseri adi putro penemuan benda pusaka Berita kriminal pemerkosaan arema kerajaan singosari this is arema arema 2011-2012 nexian pad meteor cell malang pengolahan limbah sampah sendang kamulyan daun emas limbah sampah cross ad 305 ahmad bustomi nexian PAD G311 diknas malang tempat prostitusi di malang berita tentang pencemaran udara Local Blogs
Local TopOfBlogs