Kota Kekurangan GPK untuk Sekolah Inklusi

Rabu, 3 Agustus 2011 - 11:01 WIB • Dibaca 864 kali

LOWOKWARU, MALANGARAYA.info – Kota Malang, Jawa Timur, masih kekurangan guru pendamping khusus untuk sekolah-sekolah inklusi yang menerima siswa atau anak berkebutuhan khusus.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Malang Sri Wahyuningtyas, Rabu, mengakui, jumlah GPK dengan sekolah inklusi yang ada di daerah ini masih jauh dari ideal.

Baca Juga

“Idealnya satu kelas didampingi satu GPK, namun selama ini satu sekolah rata-rata hanya memiliki tiga sampai lima GPK. Memang tidak mudah untuk mengangkat GPK,” kata Sri Wahyuningtyas yang akrab dipanggil Yuyun itu.

Menurut dia, seharusnya memang mencari lulusan S-1 pendidikan luar sekolah (PLB), namun lulusan yang ada masih minim yang mau mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik honorer (sukwan) sambil menunggu pengangkatan CPNS.

Padahal ke depan, kata dia akan banyak bermunculan sekolah-sekolah yang menerima siswa berkebutuhan khusus (sekolah inklusi). Sehingga, otomatis kebutuhan GPK juga semakin meningkat.

Menyinggung masih adanya sekolah inklusi yang belum memiliki surat keputusan (SK), Yuyun mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan dan saat ini tinggal beberapa yang belum ada SK-nya.

Sebenarnya, lanjut Yuyun, keberadaan SK tersebut hanya menguatkan layanan saja untuk mendorong sekolah inklusi tidak asal menampung anak berkebutuhan khusus, tapi juga harus memberikan layanan maksimal karena mereka perlu perlakuan khusus.

Sekolah inklusi di Kota Malang saat ini mencapai 60 lembaga, namun yang sudah memiliki SK baru 40 lembaga. Selebihnya ditargetkan dalam dua bulan ke depan sudah menerima SK seluruhnya.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Dyah Ayu
x close
sekolah inklusi di malang sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di malang daftar sekolah inklusi di malang daftar sekolah dasar inklusi kota malang berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs