Pemkot Bongkar Rumah Tak Layak Huni

Rabu, 3 Agustus 2011 - 11:01 WIB • Dibaca 217 kali

ILUSTRASI. Foto: republika

KLOJEN, MALANGRAYA.info – Rumah warga yang dinilai tidak layak huni di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, bakal dibongkar atau dibedah dengan bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat.

Baca Juga

Wali Kota Malang Peni Suparto, Rabu, mengatakan, rumah tidak layak huni yang bakal dibedah ini jumlahnya mencapai 214 unit, dan realisasinya sekitar September 2011.

“Jumlah bantuan rumah tidak layak huni yang akan dibedah pada tahun ini sebanyak 114 unit, dan 100 unit lainnya merupakan bantuan 2010, sehingga totalnya mencapai 214 unit,” katanya.

Mantan anggota DPR RI ini mengatakan yang menjadi sasaran bedah rumah bantuan Kemenpera tersebut adalah rumah di pinggiran kota karena memenuhi syarat yang ditetapkan.

Persyaratan yang ditentukan secara umum di antaranya adalah berlantai tanah. Rumah yang berlantai tanah tersebut banyak dijumpai di wilayah pinggiran.

Menyinggung nominal yang dibantu Kemenpera untuk per unit rumah, Peni mengatakan, untuk 2011 belum ada, namun bila mengacu pada tahun 2010 sebesar Rp5 juta per rumah dan kemungkinan nominalnya bisa bertambah.

Hanya saja, lanjut Peni, dirinya tidak tahu secara detail berapa jumlah total rumah yang tidak layak huni di daerahnya.

“Sebenarnya bedah rumah tidak layak huni ini tidak hanya dari Kemenpera, tapi juga dari TNI. Pihak TNI juga menawarkan program bedah rumah tersebut, namun setelah dilakukan survei ternyata tidak ada yang layak untuk mendapatkan bantuan,” ujarnya menambahkan.

Menurut Peni, kemungkinan kriteria yang ditetapkan TNI tidak sama dengan Kemenpera, sehingga menurut pandangan TNI, rumah warga di Kota Malang tidak ada yang layak untuk diberi bantuan (dibedah).

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

  • Sumber : antara
  • Dipublikasikan : Ahmad Taufik
x close
berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang kereta matarmaja Berita kriminal pemerkosaan pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti karoseri adi putro keris singosari sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs