Pemerintah Timor Leste Sekolahkan Aparat ke Uniga

Rabu, 3 Agustus 2011 - 10:43 WIB • Dibaca 1,664 kali

Foto: malang post

LOWOKWARU, MALANGRAYA.info – Pemerintah Timor Leste kemarin melakukan MoU dengan Universitas Gajayana (Uniga) Malang. Kerjasama ini diharapkan mampu mendukung program besar pemerintahan Republika Demotrica de Timor Leste dalam bidang perekonomian.

Baca Juga

Menurut Direktur Dirjen Kementrian Perekonomian dan Pembangunan Timor Leste, Dr Marito Magno AP sumberdaya manusia di bidang koperasi sangat dibutuhkan pada masa yang akan datang.

"Kami akan mengirimkan pegawai di daerah dan juga aparatur pemerintahan untuk studi managemen koperasi, akuntansi hingga otonomi daerah," ungkapnya kepada Malang Post ditemui usai penandatanganan MoU kemarin.

Masalah sumberdaya manusia (SDM) menurutnya menjadi fokus pemerintahan Timor Leste saat ini. Salah satunya adalah SDM yang handal dalam bidang koperasi. Apalagi pihaknya dengan Indonesia sudah merencanakan untuk menjalin kerjasama dalam bidang koperasi. Yaitu dengan melakukan ekspor produk Indonesia ke luar negeri melalui Timor Leste.

"Barang ekspor dari Timor Leste kebeberapa negara bebas pajak alias zero tax," ujarnya.

Sedikitnya ada delapan negara yang sudah menjalin kerjasama dengan Timor Leste. Di antaranya Amerika dan Eropa. Rencananya produk-produk dari Indonesia akan dikirimkan keluar negeri melalui Timor Leste sehingga akan sangat menguntungkan bagi Indonesia.

"Kerjasama sudah kami lakukan dengan kementrian koperasi RI," kata dia.

Kepedulian Timor Leste untuk ikut mengangkat perekonomian Indonesia melalui sektor koperasi ini menurutnya karena memang ada faktor sejarah yang tidak bisa dipisahkan antara dua negara itu.
Sementara itu dalam MoU kemarin hadir pula sejumlah mahasiswa Timor Leste yang sedang studi di Uniga. Mereka juga menggelar dialog akrab bersama pejabat negara mereka dan juga rektor Uniga, Dr. Rosidi, SE.,MM.,Ak.

"Kerjasama yang akan berlangsung selama lima tahun itu tentu akan menguntungkan dua belah pihak. Bagi Timor Leste tentu sumber daya manusianya akan meningkat, sedangkan bagi Uniga merupakan salah satu upaya penerapan Tri Dharma perguruan tinggi," kata dia.

Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.

x close
uniga malang timor leste uniga logo uniga malang perumahan timor leste kerjasama dalam bidang koperasi berita kriminal remaja berita malang raya malang post harta karun majapahit malang post kriminal berita pencemaran udara arema 2012 pemain arema 2012 keris luk 13 daftar pemain AREMA 2012 batu town square penemuan benda pusaka juan revi suporter terbanyak di indonesia daftar pemain arema ovan tobing sendang kamulyan meteor cell malang pemain arema 2011-2012 logo kabupaten malang Berita kriminal pemerkosaan kereta matarmaja pilkada malang 2013 pelacuran di malang daun emas this is arema razia villa songgoriti keris singosari karoseri adi putro sampah anorganik malangpost arema mtsn 1 malang kerajaan singosari penemuan benda gaib Local Blogs
Local TopOfBlogs